Audit BPK, Mapenda Kumpulkan Kepala Madrasah Se-Tuban

TUBAN (jurnalberita.com) – Rencana Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang akan melaksanakan pemeriksaan kepada Madrasah se-Kabupaten Tuban pada pekan depan, membuat Majelis Pendidikan Daerah (Mapenda) Kementerian Agama Kabupaten Tuban (Kemenag) harus bekerja ekstra untuk membina lembaga-lembaga yang berada di bawah naungannya.

Salah satunya adalah melakukan pembinaan khusus dalam rangka menyambut pemeriksaan BPK yang dilakukan di Asrama Haji Tuban beberapa waktu lalu. Seluruh kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah Aliyah (MA) dikumpulkan oleh Mapenda untuk diberikan pengarahan seputar pengelolaan anggaran.

“Kita sudah dikumpulkan Kemenag kemarin (Rabu, 7/9/11), dan acaranya untuk kesiapan akan adanya pemeriksaan BPK minggu depan,” jelas Kasi Mapenda Kemenag Tuban, M Badar, Kamis (8/9).

M Badar membenarkan adanya pertemuan khusus tersebut. “Bahkan materi pertemuan kemarin selain halal bi halal juga sosialisasi BPK akan masuk Tuban,” jelasnya.

Kehadiran BPK akan yang mengaudit pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Siswa Miskin (BSM), dana Blok Grant ke semua tingkatan madrasah. “Senin (12/9) selama seminggu BPK akan ke Tuban, dan yang diperiksa terserah BPK mana yang dikehendaki. Pada prinsipnya kita sudah siap untuk diperiksa,” tegas mantan Kepala MTs Negeri Rengel ini.

Disoal bantuan dari APBN melalui partai yang diterima sejumlah madrasah di Tuban, Badar mengaku tidak mengetahuinya. Karena tidak pernah ada koordinasi antara Kepala Madrasah dengan dirinya. “Saya tidak pernah diberi laporan mengenai hal itu (bantuan melalui partai DPR RI, red). Termasuk rekomendasi untuk pengajuannya saya juga tidak pernah dimintai,” ungkapnya.

Perlu diketahui, dana BOS Madrasah tahun 2011 di Kabupaten Tuban sekitar Rp 18,5 Miliar, sedangkan BSM sekitar Rp 7 Miliar. Namun hingga saat ini, baru sekitar 26 MA yang sudah membuat laporan kepada Mapenda, sedangkan tingkat MI dan MTs belum ada yang menyerahkan laporan kepada Kemenag Tuban. (jbc11/jbc1)

1 comment on this post.
  1. ibnu alfalahy:

    ingat ………………………………………. !

Leave a comment





*