Bangun Kembali Balai Pemuda!!

\"\"

SURABAYA (jurnalberita.com) – “Api..api…Balai Pemuda terbakar!”, teriak beberapa orang saat mengetahui api mulai melalap salah satu gedung di Balai Pemuda. Puluhan orang dari kalangan seniman maupun pedagang di sekitar masjid, tepatnya dibelakang gedung Balai Pemuda, berhamburan. Sementara api pun terus membara sekitar 2 jam.

Saya dapat laporan, pada pukul 4.45 WIB Balai Pemuda sebelah barat yang berhimpitan dengan SMAN 6 Surabaya itu terbakar. PMK setengah jam kemudian datang dan separuh gedung sampai atapnya ditelan si jago merah,” papar rekan jurnalis dari salah satu televisi di Surabaya.

Saat itu juga, ia meluncur dari Embong Sawo Surabaya, kemarin sore (20/9/11). Beberapa orang juga mengatakan, bahwa api dapat diredam amarahnya pada pukul 19.00 WIB setelah armada pemadam kebakaran dari berbagai wilayah, didukung puluhan tangki pemasok air, melakukan pemadaman.

Sekitar 9 tangki dihabiskan untuk mematikan sumber api. Namun, sampai pukul 19.30 Wib, kami masih menambah air untuk pembasahan, agar api benar-benar padam dan tidak membara kembali,” ujar seorang petugas Damkar.

Drs Yusuf Husni Apt, salah satu tokoh di Surabaya yang paham fungsi dan perkembangan tata kelola lingkungan Balai Pemuda menyayangkan dan menyatakan keprihatinannya. “Puluhan tahun lalu, gedung itu dibangun secara representatif. Namun, sayang kalau pengamanannya kurang ketat. Balai Pemuda sebaiknya fungsikan kembali sebagaimana semula, karena punya nilai sejarah yang tak lepas dari tata kelola lingkungannya,” saran Cak Ucup, panggilan akrabnya dikalangan wartawan, ketika ditemui di rumahnya. (jbc5/jbc2)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*