Belasan Calon Jamaah Haji Urung Berangkat

\"\"

PACITAN (jurnalberita.com) - Belasan calon jamaah haji yang sesuai jadwal akan brangkat dengan kloter 74 asal Kabupaten Pacitan, batal berangkat. Selain faktor usia dan kesehatan, urungnya keberangkatan mereka ke tanah suci karena alasan akan berangkat dengan anggota keluarga tahun depan.

“Ada yang batal berangkat karena istri atau suaminya baru berangkat tahun 2012 nanti,” ujar Kasi Haji Kementerian Agama Pacitan, M Nurul Huda saat dihubungi Jumat (30/9/11).

Seperti diketahui, calon jamaah haji asal Kota 1001 Goa ini, didominasi golongan lanjut usia. Dari sekitar 149 orang, sebanyak 90 persennya berusia diatas 63 tahun. Sesuai data di Kemenag jumlah calon jamaah haji yang urung berangkat mencapai 14 orang.

Saat ini, tercatat hanya 149 calon jamaah haji yang positif bertolak ke tanah suci. Mereka yang batal berangkat, beberapa diantaranya berasal dari gelombang pertama dan dari kuota tambahan.

Faktor usia don kondisi kesehatan calon jamaah haji dapat dapat dilihat dari hasil pemeriksaan kesehatan yang dilakukan 14 September lalu. Dari 149 CJH, 40 diantaranya masuk kategori observasi.

Satu orang diantaranya akan dipantau secara intensif karena pernah mengalami stroke. Sedangkan mereka yang diobservasi, umumnya pernah menderita penyakit seperti hipertensi dan diabetes.

Perlakuan khusus terhadap usia resiko tinggi ini sangat diperlukan untuk data buku hijau yang akan mereka bawa. Tujuannya, jika terjadi hal diluar dugaan, pihak medis dapat dengan cepat memberikan pertolongan dengan pedoman pada rekam kesehatan pasien.

Disinggung mengenai ketersediaan logistik, Huda mengungkapkan hingga kini belum terdistribusikan. Hal ini tak hanya dialami Kabupaten Pacitan, namun dialami daerah lainnya. “Biasanya, tas dan logistik lain akan diberikan saat mendekati (hari pemberangkatan – red),” ungkapnya. (jbc15)

Tags: , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. minta daftar nama haji 2012 di kab gresik prov jawa timur?
    mksh bantuannya>>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*