Dukun Awu-awu Tipu Sembilan Orang

Uripan dan petugas serta barang bukti yang berhasil disita. (foto : jbc6)

GRESIK (jurnalberita.com) - Mengaku bisa menggandakan uang, Uripan (46) warga Dusun Kramat Utara Desa Ujungpangkah Kulon, harus berurusan dengan aparat kepolisian Polsek Dukun. Untuk mempertanggunjawabkan perbuatanya, kini ia harus meringkuk di tahanan.

Tersangka berhasil memperdayai sembilan orang korban, diantaranya Raudi, Ramli, Fathur Rahman, Zainal Abidin, Supardi, Suanah dan Ainun Juwariyah. Total kerugian yang dialami korban hampir mencapai Rp. 25 juta.

Modus yang digunakan untuk menjerat korbannya, ia mengaku sebagai dukun yang bisa menggandakan uang. Kepada korbannya, ia meminta agar memasukkan uang ke dalam sebuah kardus yang akan digandakan.

Namun, setelah beberapa hari dibuka, uang yang dimasukkan korban ke dalam kardus memang berlipat ganda, tetapi bukan uang asli, melainkan uang palsu yang sengaja dimasukkan tersangka ke dalam kardus.

Kapolsek Dukun, AKP Sutopo  membenarkan telah menangkap dukun palsu yang mengaku bisa menggandakan uang. “Barang bukti sementara yang berhasil kami sita adalah sembilan dus minuman air mineral, uang cetakan menyerupai uang seratus ribu dan limapuluh ribu,” jelasnya.

Menurut Sutopo, untuk memprtanggungjawabkan perbuatanhya, tersangka akan dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan. (jbc6)

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site