Korupsi Tol Gate Juanda, Kejati Jatim Sita Rp 1,4 M

Tol Gate bandara Juanda Surabaya. (ist)

SURABAYA (jurnalberita.com) - Dari tersangka kasus dugaan korupsi Tol Gate Bandara Juanda Surabaya, akhirnya Kejaksaan Tinggi Jawa Timur menyita uang sebesar Rp 1,4 miliar untuk dijadikan barang bukti pemeriksaan.

Penyidik sudah menyita uang milik tersangka, namun Kasi Penkum Kejati Jatim, Muljono, enggan menjelaskan secara rinci identitas dari para tersangka.

“Penyidik sudah melakukan penyitaan barang bukti senilai Rp 1,4 miliar,” ujar Muljono, Kamis (15/9/11).

Pihaknya kini masih akan berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebagai upaya menghitung kembali kepastian jumlah kerugian.

Muljono mengatakan, jumlah saksi yang sudah diperiksa termasuk tersangka, sudah sekitar 21 orang diperiksa sebagai saksi.

“Mungkin masih ada pemeriksaan lagi dan keterangannya sangat dibutuhkan, terutama dari saksi ahli,” paparnya.

Ditanya upaya penahanan tersangka, Muljono menjelaskan sesuai pertimbangan penyidik hal tersebut tidak diperlukan, sebab selama ini para tersangka dianggap kooperatif, termasuk kemauan mengembalikan uang.

Sebelumnya, penyidik Kejati Jatim serius mengusut kasus dugaan korupsi Tol Gate Bandara Juanda Surabaya yang merugikan negara hingga Rp 10 miliar.  Kasus tersebut terkuak setelah Kejati Jatim menemukan ketidakberesan dalam proses tukar bangun, antara tol gate bandara dengan lahan milik PT Angkasa Pura seluas 1.400 hektare.

Tanah negara tersebut ‘dijual’ oleh oknum PT Angkasa Pura sebesar Rp 4 miliar dengan wujud tol gate kepada seorang pengusaha, padahal saat tanah itu dialih-usahakan justru laku hingga Rp 14 miliar.

Kini, kejaksaan telah menetapkan dua orang sebagai tersangka, dari pihak PT Angkasa Pura berinisial SPD dan JT dari pihak pengusaha. (soc/jbc1)

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site