Pendaki Jerman dan Belanda Lakukan Reboisasi

LUMAJANG (jurnalberita.com) - Bersama relawan Laskar Hijau, Cris Weber dan Key Ge Beijers, pendaki berkebangsaan Jerman dan Belanda itu ikut melakukan gerakan penghijauan di Gunung Lamongan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (18/9/11).

Menurut A’ak Abdullah Al-Kudus, Koordinator Laskar Hijau, mereka berdua sangat antusias menanam di Gunung Lamongan sebagai bentuk kepedulian terhadap ancaman pemanasan global.

“Awalnya, kedua pendaki asing tersebut melakukan pendakian ke Gunung Semeru, namun keduanya lebih tertarik berpartisipasi dalam gerakan penghijauan di Gunung Lamongan ini,” katanya.

“Mereka mendengar informasi dari masyarakat bahwa ada gerakan penghijauan yang dilakukan Laskar Hijau, sehingga mereka memutuskan untuk mendaki Gunung Lamongan sambil melakukan penghijauan di lereng gunung setempat,” paparnya.

Kedatangan kedua pendaki itu bertepatan dengan kemarau, sehingga lokasi penanamannya dipilih di sekitar posko Laskar Hijau dan relawan melakukan gerakan penghijauan setiap minggu.

“Pendaki mancanegara itu juga berpesan agar relawan Laskar Hijau terus melakukan gerakan penghijauan demi menyelamatkan bumi dan mereka berjanji untuk datang kembali pada tahun berikutnya untuk melakukan hal serupa,” katanya.

Mereka sangat terkesan dengan panorama di sekitar Gunung Lamongan, sehingga keduanya akan menjadwalkan kembali untuk melakukan penghijauan di gunung yang memiliki ketinggian 1.668 mdpl itu.

A’ak Abdullah berharap semua pihak berperan aktif dalam menjaga lingkungan di Gunung Lamongan, sehingga kasus kebakaran yang terjadi pada bulan Agustus 2011 tidak terulang lagi.

“Tercatat sebanyak dua kali terjadi kebakaran di Gunung Lamongan akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk merusak lingkungan,” pungkasnya. (anj/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site