Perkara Mantan Cabup Pacitan Segera Disidangkan

\"\"

PACITAN (jurnalberita.com) – Tak lama lagi, NT, mantan calon Bupati Pacitan, yang berlaga dalam Pemilukada 2010 lalu akan duduk di kursi pesakitan. Berkas pemeriksaan dugaan penipuan yang dilakukan kepada anggota tim suksesnya sudah lengkap.

Berkas pemeriksaan NT diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Pacitan, Senin (12/9/11). “Sudah P-21 (lengkap – red),” ujar Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Pacitan, AKP Sukimin, Minggu (11/9/11).

NT telah ditahan pihak kepolisian akhir bulan Juli lalu. Namun, tak banyak pihak yang mengetahuinya. Dari tersangka polisi mengamankan barang bukti berupa satu lembar kertas bertuliskan dana tunjangan untuk tim sukses, 37 lembar kuitansi dan bukti pembayaran serta dua lembar surat pernyataan, yang isinya, NT menyanggupi akan membayar dana talangan kampanye yang sudah dikeluarkan tim suksesnya.

Tersangka sempat ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh pihak kepolisian karena  dianggap tidak kooperatif. Setelah ditahan dan melalui serangkaian proses penyidikan, kasusnya kemudian diteruskan ke Kejari yang kemudian menyatakan, berkas setebal 160 halaman tersebut telah lengkap.

Lengkapnya berkas bernomor B.1438/O.5.38/EPP.I/09/2011 itu, juga dinyatakan jaksa penuntut umum (JPU), Raharjo Yusuf . “Diperkirakan paling lama sebulan sidang akan digelar setelah penyerahan berkas,” ucapnya.

NT ditetapkan sebagai tersangka kasus pidana penipuan terhadap mantan tim suksesnya dalam Pemilukada Kabupaten Pacitan setahun lalu. Empat orang bekas tim sukses yang melaporkannya yakni Hadi Susanto, Samsuri, Rahmat Haryono, dan Kunti Rahmawati.

Dalam sengketa itu pula, pada Bulan April lalu, pihak Pengadilan Negeri (PN) Pacitan melakukan sita jaminan atas tanah dan bangunan milik mantan calon bupati nomor urut 1 itu. Penyitaan dilakukan terhadap dua obyek yaitu sebuah rumah bernomor 56 A yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Ploso serta di Jalan Basuki Rahmad 10 B Desa Tanjugsari, Kecamatan Pacitan. Sita jaminan dilakukan setelah penggugat melayangkan gugatan ke PN karena khawatir aset tersangka akan dijual. (jbc15/jbc2)

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*