Dilanda Kekeringan, Warga Butuh Bantuan Air

BOJONEGORO (jurnalberita.com) – musim kemarau dan kekeringan yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Bojonegoro benar-benar membuat petani dan warga  menderita. Tak hanya puluhan hektar ladang persawahan mereka mengalami kekeringan, warga yang membutuhkan bantuan dan pasokan air bersih juga mengaku belum menerima bantuan air dari pemerintah daerah setempat.

Dua kecamatan yang mengalami kekeringan yang cukup parah berada di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sumberejo dan Kepohbaru. Kekeringan terjadi setelah sejak bulan April hingga Oktober ini, hujan yang dinanti belum juga turun.

Meski sebelum musim kemarau tiba, para petani sudah menanam tembakau untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka, namun usai panen tembakau, hujan yang diharapkan belum juga turun. Akibatnya, banyak para petani yang menganggur karena tak ada air untuk mengairi sawah.

Untuk mencukupi kebutuhan air, warga juga harus menggambil di sumur yang letaknya cukup jauh dari pemukiman. “Kalau mau memrlukan air untuk kebutuhan sehari-hari, harus mengambil air ditengah ladang,” jelas Sukandam, salah satu warga Desa Banjarejo Kecamatan Sumberejo.

Meski banyak masyarakat dan warga desa yang kesulitan air, namun pemerintah kabupaten belum memberikan dan mengirimkan bantuan air bersih yang sangat dibuthkan warga desa. “Belum ada bantuan air mas, padahal kami sangt membutuhkan bantuan air itu,” kata Ketua RT 9 Desa Banjarejo, sembari berharap pemerintah seera memberi bantuan air bersih. (krb/moe)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*