Harlisnas, PLN Jatim Ganti Meteran Tua

SURABAYA (jurnalberita.com) – Bertepatan dengan peringatan Hari listrik Nasional (Harlisnas), Kamis (27/10/2011)  PT PLN Distribusi Jawa Timur telah mencanangkan program penggantian kwh meter lama secara massal. Total kwh meter tua yang akan diganti mencapai 500.000 unit.

\”Kami sudah memiliki data. Ada sekitar 780.000 unit kwh meter tua berumur lebih dari 20 di seluruh Jatim yang harus diganti. Namun untuk tahun ini kami menargetkan penggantian sebanyak 500.000 unit karena keterbatasan anggaran,\” terang General Manager PT PLN Distribusi Jatim, Haryanto WS, pada wartawan di Lapangan Jatim Expo.

Penggantian kwh meter ini, lanjutnya, diharapkan mampu menunjang bisnis yang fair antara PLN dan pelanggan. Sebab, kwh meter lama biasanya tingkat akurasinya kurang bisa dipertanggung jawabkan. Kadang bertambah, kadang juga bertambah lambat. \”Jadi tidak bisa dikatakan kwh meter lama tersebut merugikan PLN atau merugikan pelanggan, karena kondisi tiap rumah beda,\” ujarnya.

Program tersebut seterusnya akan dijadikan agenda rutin tahunan dengan target sebanyak 500.000 per tahun. Total dana yang dibutuhkan cukup besar, mencapai Rp160 miliar. Harga tiap meteran tersebut mencapai Rp 230.000 per unit. \”Meski harga satu unit kwh meter mencapai Rp230.000, penggantian ini kami berikan secara gratis untuk semua pelanggan,\” pungkasnya. (jbc0)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*