Keberangkatan CJH Sedot Ratusan Juta Dana APBD

\"\"

TUBAN (jurnalberita.com) –  Ratusan calon jamaah haji (CJH) Tuban diberangkat Bupati Tuban H.Fathul Huda, Jum’at (21/10/11) sekitar pukul 07.00 WIB, dari halaman Pemkab Tuban dengan menggunakan 19 bus menuju Asrama Haji Surabaya. CJH Tuban masuk dalam kelompok terbang (kloter) 57 dan 58 dari embarkasi Surabaya.

Ratusan keluarga dan kerabat CJH juga memadati Alon- alon Kota Tuban yang berada di dekat kantor Pemkab Tuban untuk menyaksikan dan menghantar keluarga mereka berangkat ke tanah suci.

Tangis haru terlihat di wajah para keluarga saat melihat CJH masuk kedalam halaman Pemkab Tuban karena pagar yang dijaga petugas kepolisian membatasi para keluarga agar tidak masuk dan menggganggu jalan acara pemberangkatan.

CJH asal Tuban yang sudah ditetapkan berangkat ke tanah suci sebanyak 819 CJH, namun mendapat tambahan kuota 24 kursi, sehingga total CJH yang berangkat menjadi 834 orang. Mereka terbagi dalam kloter 57 sebanyak 443 CJH dan kloter 58 sebanyak 400 CJH.

Sebelum ditetapkan, CJH dari daftar tunggu yang batal dan gagal berangkat sebanyak 35 orang karena berbagai alasan, diantaranya 1 orang meninggal dunia, 3 orang sakit dan sisanya tidak memiliki uang saku. Sedangkan CJH termuda yang berangkat berusia 18 tahun dan tertua berusia 86 tahun.

Sementara itu, Bupati Tuban, H. Fathul Huda dalam sambutanya mengatakan, Pemkab Tuban pada tahun ini dan seterusnya, sesuai amanah undang-undang Haji akan tetap membantu keberangkatan CJH dari Tuban menuju Surabaya melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Mulai tahun ini, Pemkab ikut membantu keberangkatan jamaah haji senilai Rp. 250 juta dari APBD. Sehingga, tidak perlu membebani lagi jamaah,” ungkapnya. (jbc11/jbc2)

 

Tags: , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

Pingbacks/Trackbacks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*