PD Jatim Dilanda Isu Panas Dalam

\"\"

SURABAYA (jurnalberita.com) - Usai perhelatan rapat kerja daerah (Rakerda) di hotel Bumi Surabaya, Minggu (23/10/11), partai yang dipimpin Gubernur Jatim, Soekarwo kini dilanda isu panas dalam.

“Kalau benar Partai Demokrat Jatim kena isu politik panas dalam, berarti perlu diobati. Dan sebagaimana lazimnya rakyat bawah, obatnya gampang kok. Belikan saja cap kaki tiga,” seloroh salah satu pengurus PD (Partai Demokrat) Jatim yang juga wartawan.

Suasana panas dalam itu memang bukan isapan jempol. Di kalangan anggota fraksi PD di DPRD Jatim juga merasakan. Hal ini ditandai oleh perubahan sikap HA Iskandar, Ketua Komisi E bidang Kesejahteraan Rakyat itu pekewuh (serba salah) ketika dicecar oleh beberapa wartawan tentang prospek dirinya yang akan menggantikan Lilik Muharti sebagai ketua fraksi PD DPRD Jatim.

Jabatan yang cukup bergengsi ini juga diincar oleh Agus Sudono, yang merasa dirinya lebih direstui oleh jajaran DPD PD Jatim. Karena itu Bonnie Laksamana ‘pasang badan’ bagi keberadaan Agus agar duduk manis sebagai ketua fraksi PD yang baru.

\"\"

Namun rivalitas Iskandar, Bendum PD Jatim dan Agus, Wakil ketua PD Jatim itu bukan tanpa masalah. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, dan hal ini tampaknya diketahui oleh beberapa tokoh lain. Oleh karenanya Nur Muhyidin, orang kedua setelah Pakde Karwo di jajaran PD Jatim, yang juga dikenal sebagai ‘orangnya’ Ketum Anas Urbaningrum itu diam-diam mengincar pula. “Oala, kalau dia biasa wait and see. Tapi maunya jalan mulus saja,” selorohnya.

Sosok lain yang juga makin memperpanas internal PD Jatim adalah, Renville Antonio yang kini menjabat Ketua Komisi B. Tokoh muda ini cenderung diam, meski dikenal dekat dengan ketua DPR RI, Marzuki Alie. “Dia masuk ring satunya Marzuki,” jelas anggota Dewan lain yang tak mau disebutkan namanya.

Dan itu sampak jelas, saat pergelaran wayang kulit peringatan HUT Pemprov Jatim, tampak Renville antusias menemani Marzuki.

“Di sinilah, Dia (Pakde Karwo) diuji oleh situasi ‘panas dalam’. Karena penataan personil di DPRD Jatim tak bisa terpisahkan dengan penataan di Eksekutif Pemprov Jatim, yang kabarnya akan ada suksesi Sekwilda Jatim dalam tahun 2011 ini,” tambah sumber jurnalberita.com yang layak dipercaya. (jbc5/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*