Pemkot Madiun Dapat Tambahan Empat Aset Baru

Wali Kota, Bambang Irianto dan Kepala Kantor Wilayah X DKJN Surabaya, Lalu Hendry Yujana saat penandatanganani MoU. (foto: jbc14)

MADIUN (jurnalberita.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun bakal mendapat aset baru dalam waktu dekat, dari hasil pengalihan aset pemerintah pusat. Aset bakal bertambah sebanyak 4 lokasi dari milik Kementrian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementrian Agama (Kemenag).

“Aset itu bisa dipindah dari pemerintah pusat menjadi aset milik pemerintah daerah,” ujar Kepala Kantor Wilayah X Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DKJN) Surabaya, Lalu Hendry Yujana, usai penandatanganan MoU dengan Pemkot Madiun, Rabu (26/10/11).

Ia menyatakan, aset berupa tanah milik Kemenkeu yaitu SMPN 6 seluas 6.779 meter persegi Jalan HOS Cokroaminoto, SDN Nambangan Lor V seluas 1.963 meter persegi dan SMAN 3 seluas 3.160 meter persegi Jalan HA Salim.

Disusul milik Kemenag, Madrasah Tsanawiyah 2.413 meter persegi di Jalan Barito. Jika aset itu sudah menjadi milik daerah, tambahnya, dapat dimasukan dalam pembukuan sebagai aset milik daerah. “Untuk mempercepat proses peralihan, maka Pemkot Madiun perlu membentuk tim kecil, guna memudahkan koordinasi,” tandasnya.

Seiring pertambahan aset, maka ada peningkatan baik dari sisi nilai uang dan lainnya. Aset itu dapat dimanfaatkan untuk menunjang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Sebenarnya masih ada aset lain yang bisa dialihkan, kiranya sementara aset itu dulu,” ujar Lalu.

Sebelum penandatanganan MoU, Walikota Madiun, H Bambang Irianto menyatakan, pihaknya sudah membentuk tim kecil. Seiring penandatanganan dan terbentuknya tim kecil diharapkan segera berjalan atau melakukan proses.

“Bagi kami penambahan aset nanti sangat berarti, dan dapat dijadikan untuk meningkatkan PAD. Untuk target penyelesaian diharapkan bisa berlangsung tahun ini juga,” ujarnya. (jbc14/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site