Penipu CPNS Dituntut 1,3 Tahun

JPU tuntut terdakwa Aris 1,3 tahun di PN Surabaya. (foto:jbc4)

SURABAYA (jurnalberita.com) - Perkara penipuan dan penggelapan CPNS Pemkot Surabaya dengan terdakwa Aris Suryatina, yang juga berprofesi sebagai pegawai negeri di Pemkot Surabaya, kembali digelar di Pengadilan Negeri Surabaya. Dalam sidang dengan agenda tuntutan tersebut, majelis hakim diketuai Suko Triyono SH.

Dalam tuntutannya, jaksa penuntut umum (JPU) Ratna Tri Hapsari menuntut terdakwa 1 tahun 3 bulan penjara. “Terdakwa telah terbukti melakukan penipuan dan penggelapan dan dikenakan pasal 372 – 378,” Kata Ratna saat membacakan tuntutan dihadapan majelis hakim.

Lebih lanjut terang Ratna, “Terdakwa telah terbukti melakukan kejahatan penipuan dan penggelapan terhadap beberapa korban Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkot Surabaya yaitu Dani dan Amirullah.”

Sementara Suparno SH, penasehat hukum terdakwa menjelaskan, “Sebenarnya terdakwa sebagai korban saja. Sebab, terdakwa ada niatan mengembalikan uang yang pernah diminta dari korban. Namun, kedua korban meminta pengembalian uang secara tunai dan utuh, seperti saat memberikan uang kepada terdakwa sebesar Rp 136 Juta.”

Tapi Aris Suryatina, lanjut Suparno, hanya sanggup mengembalikan uang Rp 56 Juta, dan tidak sanggup bila mengembalikan uang seperti yang diminta  Dani dan Amirullah. “Sementara klien kami hanya sebagai korban juga. Sebab uang yang didapat dari Deni dan Amirullah tidak dinikmati secara keseluruhan. Yang banyak menerima dan menikmati adalah orang yang menjadi aktor intelektual penipuan dan kejahatan CPNS. Untuk itu, kami akan melakukan pembelaan terhadap klien kami atas tuntutan JPU,” pungkasnya. (jbc4/jbc1)

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site