Puluhan Kades Tuding PT SG Obral Janji

\"\"

TUBAN (jurnalberita.com) – Bupati Tuban, H Fatkhul Huda berharap kepada perusahaan yang ada di Kabupaten Tuban membantu keluhan para petani yang mengalami kesulitan dalam biaya produksi.

Hal tersebut disampaikan Bupati dalam sambutan pembukaan Panen Raya perdana di Dusun Gedungbajol Desa Sambonggede Kecamatan Merakurak, Selasa (18/10/11).

“Saya berharap PT Semen Gresik harus membantu para petani yang ada di Tuban dalam menghadapi persoalan dari segi pembiayaan bagi para petani untuk membantu permodalan,” celetuk Bupati.

Sementara secara terpisah Kasi Bina Lingkungan PT Semen Gresik, Wahyu Darmawan yang berada di lokasi acara mengatakan akan siap membantu keluhan para petani.

“Silahkan saja para petani mengajukan permohonan pinjaman modal, ke bagian PKBL PT SG. Terkait agunan, secara khusus untuk para petani itu wewenang PKBL, bukan wewenang saya,” ungkapnya.

Disisi lain, puluhan Kepala Desa Kecamatan Merakurak yang hadir dalam acara merasa dibohongi dan mengeluh dengan program yang telah dicanangkan bersama Semen Gresik dalam pembuatan irigasi dan sepertinya berbalik arah.

“Hampir 5 bulan kita mengajukan program irigasi yang waktu itu dimediasi oleh Bina Lingkungan langsung. Kami disuruh membuat rancangan, tetapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda direalisasi oleh PT Semen Gresik,” ungkap Zito Warsito, Kepala Desa Sugihan Kecamatan Merakurak.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Kepala Desa Tuwiriwetan, Kecamatan Merakurak, Setyo Budi, “Kita pada waktu itu disuruh mengajukan program irigasi, dan kita sudah mengajukan mas. Kita juga sudah banyak mengeluarkan biaya untuk membuat draf, namun sampai sekarang juga belum ada realisasi.”

“Semen Gresik sendiri yang meminta kepada kami untuk membuat rancangan itu, tapi kok malah dia yang mengingkarinya,” celoteh Setiyo Budi, yang diamini puluhan kepala desa lainnya.

Menanggapi hal ini, Wahyu Darmawan membantah jika tidak merealisasi program irigasi yang diajukan oleh beberapa kepala desa. “Semua pengajuan kan harus dipilah dan dikaji. Mana yang layak dan masuk untuk didanai Semen Gresik dan mana yang seharusnya diajukan melalui APBD,” kilahnya kepada wartawan.

“Jika semuanya SG yang membangun, terus bagaimana cara mengaturnya. Lagi pula, kita kan sudah memulai membangun dengan merealisasikan program yang diinginkan mereka, mulai dari Desa Tlogowaru toh mas,” kata Wahyu.

Sementara menurut data yang diperoleh jurnalberita.com, kepala desa yang telah mengajukan program irigasi yang diminta langsung oleh Semen Gresik melalui mediasi Bina Lingkungan PT SG dengan puluhan Kepala Desa se-ring 1 PT SG adalah, Desa Tuwiriwetan, Borengbangle, Tuwirikulon, Senori, Sumberejo, Jenggolo, Sekardadi, Mandirejo, Kapu, Tahulu, dan Desa yang lain di daerah ring 1 Semen Gresik dari 3 Kecamatan Merakurak, Jenu dan Kerek. (jbc11/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*