Putra Terbaik Bali Lulusan PIP Perkuat Pelindo

Putra daerah Bali taruna lulusan PIP bersama Manager Terminal Pelabuhan Benoa, Capt. Ali Sadikin. (foto : ibp/ist)

DENPASAR (jurnalberita.com) – Upaya terus dilakukan PT Pelindo III agar siap menjadi Terminal Operator. Beberapa hal sudah dilakukan, diantaranya dengan merekrut dan mendidik puluhan siswa puta daerah untuk mengikuti pendidikan khusus angkutan laut dan kepelabuhanan di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang selama setahun.

60 siswa yang di didik tersebut berasal dari beberapa provinsi di lingkup wilayah kerja PT Pelindo III, yaitu Kalteng, Kalsel, Bali, NTB, NTT. Hal ini didasari keyakinan, distribusi ketenagakerjaan yang lebih berskala Nasional sekaligus mencermati wilayah yang masih sangat berpotensi untuk dikembangkan dengan melibatkan putra daerah.

Secara rinci ke-60 siswa itu berasal dari Benoa 6 orang, Kumai 3 orang, Sampit 7 orang, Kotabaru dan Maumere masing-masing 4 orang, Celukan Bawang, Lembar, Bima, Kupang  mengirimkan masing-masing 6 orang putra daerah. Sementara, Banjarmasin mengirimkan terbanyak putra daerahnya yakni 12 orang.

“Proses rekrutmen SDM putra daerah yang dilakukan PT Pelindo III mulai dilakukan sejak awal bulan Juni 2010 sampai awal September 2010. Dari Bali tercatat 6 orang yang terpilih dari sebanyak  60 putra daerah yang direkrut dan dididik,” kata Iwan Sabatini, General Manager Pelindo III Benoa.

Keenam putra daerah Bali yang dikirimkan dan terpilih adalah I Putu Wahyudi Cahya Putra (Sesetan Denpasar), Made Ari Apsari (Pamogan), I Made Kembar Riawan (Mumbul Benoa), Gede Adhi Gunawan (Denpasar), Angga Adi Prebawa (Ubung Kaja Denpasar) dan I Komang Gede Kristiawan (Denpasar).

Senin (10/10/11) kemarin, lanjut Iwan, telah dilakukan wisuda kelulusan setelah selama setahun mengikuti pendidikan Diploma Satu (D1) Angkutan Laut dan Kepelabuhanan pada Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Acara wisuda dilakukan langsung oleh Direktur PIP Semarang Capt. Bambang D Mmar.

Provinsi Bali juga patut berbangga karena 4 dari 5 orang taruna PIP lulusan terbaik pada pendidikan kali ini, diraih siswa dari Bali, sedangkan 1 orang lulusan terbaik lainnya diraih siswa dari Lembar. Hal ini sangat membanggakan, karena Bali memiliki kader muda di bidang kepelabuhanan yang diharapkan dapat memajukan dan meningkatkan pelayanan di Pelabuhan Benoa dan Celukan Bawang.

Keberhasilan taruna PIP dari Bali tersebut memiliki arti penting karena mereka akan ditugaskan di masing-masing daerah asal mereka. Terlebih, PT Pelindo III Benoa kini tengah gencar dan terus berupaya meningkatkan pelayanan secara profesional, baik kecepatan bongkat muat barang dan kenyamanan dalam Embarkasi dan Debarkasi.

Bahkan, Pelabuhan Benoa saat ini sedang dilakukan pelebaran dan pendalaman alur guna kesiapan menyambut kunjungan kapal Cruise berukuran lebih besar serta peningkatan keamanan pelabuhan (ISPS Code) yang secera keseluruhan untuk mendukung meningkatnya kunjungan pariwisata di Bali.

Hingga akhir tahun 2011, diperkirakan total kapal Cruise yang mengunjungi Pelabuhan Benoa mencapai 33 unit kapal. Dan pada Tahun 2012,  diperkirakan Pelabuhan Benoa atau Tanah Ampo akan dikunjungi kapal Queen Mary II dengan panjang sekitar 300 meter lebih. (jbc2/ibp)

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site