Sepi Pembeli, Pasar Atom Akan Direhab Ulang

\"\"

TUBAN (jurnalberita.com) - Baru sekitar 2 tahun lalu, Pasar Atom yang terletak di Jl Yos Sudarso Kecamatan Kota Tuban, direhab dan menghabiskan dana sekitar Rp 300 juta. Kini, Pemkab Tuban berencana merehab kembali bangunan pasar yang berada di kompleks pantai Boom Tuban. Meski kondisi bangunannya masih nampak baru, namun pengunjungnya masih tetap sepi.

Pasar Atom tersebut direhab sekitar tahun 2009 lalu, mayoritas penghuni pasar tersebut berisi stand dan lapak-lapak penjual makanan yang jarang dikunjungi warga. Sebab, bangunan pasar ini tertutup dan mengakibatkan stand-stand para penjual tidak terlihat oleh warga yang melintas di lokasi pasar.

“Sejak pertama kali buka, warung-warung dan toko di dalam selalu sepi. Soalnya, tidak terlihat dari luar,” keluh Ali, salah satu penjual.

Setelah sekian lama bertahan di dalam pasar dalam keadaan sepi, para penjualpun mulai berupaya untuk mendapatkan pembeli dengan membuka lapak-lapak di halaman pasar. Akibatnya, bangunan dalam pasar menjadi mangkrak dan kondisi area wisata pantai Boom itu semakin semrawut.

“Kalau tidak keluar, jelas kami tidak bisa mendapat pembeli. Sebab, para pembeli jarang sekali yang masuk ke dalam pasar,” sambungnya.

Kepala Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban, Budi Wiyana mengaku bahwa pihaknya sudah berencana melakukan rehab atas Pasar Atom untuk mengatasi keluhan para pedagang yang merasa sepi. Diakuinya, bahwa rehab tersebut dilakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang selama ini jarang masuk ke area pasar.

“Akan kita lakukan rehab secara bertahap,” jawab Budi Wiyana.

“Rencananya, bangunan pasar akan kita ubah menjadi lebih terbuka supaya dapat terlihat masyarakat yang melintas. Sebab, sepinya pembeli di pasar tersebut salah satunya adalah bangunan yang tertutup sehingga kurang terlihat masyarakat yang melintas,” tambahnya.

Namun Sayang, Budi Wiyana belum bersedia menyebutkan berada nominal anggaran yang bakal dikucurkan untuk melakukan rehab ini. “Selain mengubah bangunan pasar, kita juga berupaya meningkatkan fasilitas atau wahana yang ada di tempat wisata Pantai Boom untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan. Yang tentunya, dengan semakin banyak wisatawan di Boom akan semakin meningkatkan pembeli di pasar yang berada satu wilayah dengan lokasi wisata,” pungkasnya. (jbc11/jbc1)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*