Spektakuler, PBS Lantik GS Ketua MKGR Jatim

Diwarnai Insiden Lift Macet Empire Palace Hotel

Priyo Budi Santoso menyerahkan panji MKGR kepada Gatot Sudjito. (foto : jbc5)

SURABAYA (jurnalberita.com) – Spektakuler. Hal itu terlihat pada perhelatan pelantikan pengurus organisasi kemasyarakatan Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong MKGR) Jatim di Empire Palace Surabaya, Minggu (16/10/11), yang mengukuhkan Gatot Sudjito sebagai Ketua MKGR Jatim 2011-2016.

Sayangnya, acara yang juga disemarakkan penyanyi Ibukota Reza Arthamevia, Reyog Ponorogo dan Seni Kentrung juga diwarnai insiden macetnya lift di Empire Palace Hotel hingga membuat 33 orang kader MKGR terjebak selama kurang lebih 2 jam.

“Sungguh spektakuler. Baru kali ini MKGR Jatim menyelengarakan acara yang meriah dengan dihadiri 2 ribu massa,” kata Lambertus L. Wayong, Pinisepuh MKGR Jatim, dalam pidatonya.

Lambertus pun mengaku, MKGR Jatim sejak 1970 tak pernah menggelar acara yang spektakuler seperti dalam pelantikan GS (Gatot Sudjito – red) ini. “Pak Ketua Umum, Priyo Budi Santoso, GS itu punya potensi besar dan mungkin ini juga akan mengembalikan kebesaran potensi MKGR. Dan Jatim ditandai oleh GS,” tambah Lambertus.

Gatot Sudjito didampingi keluarga serta penyanyi Reza Artamevia. (foto : jbc 5)

GS, yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD Jatim, sempat mengalami tekanan dan tantangan berat ketika proses amanah pimpinan MKGR Jatim harus diterimanya. “Saya harus bekerja keras. Hal biasa, suara teman yang bersifat pro-kontra. Tapi yang pasti tak mungkin dibatalkan, apalagi SK-nya sudah ditandatangani Ketua Umum MKGR,” ujar GS, panggilan khusus Gatot Sudjito di kalangan elit politik Jatim.

Priyo Budi Santoso, Ketum MKGR, yang belakangan di Jakarta populer dipanggil PB, menyatakan tidak menyangka dan baru sadar, bila di Jatim, khususnya Surabaya, merupakan kantong pemimpin nasional. Mulai masa Bung Karno sampai jaman SBY, termasuk hari ini munculnya sosok Gatot Sudjito.

“Saya berharap, kesadaran demokrasi dan gotong royong yang ditanamkan MKGR sejak 1960 itu diamalkan kembali dan ditegakkan. Kepada saudara Ketua MKGR Jatim, Gatot Sudjito dan Ketua Gema (Generasi Muda) MKGR Jatim, mau bekerja secara tangguh agar kebesaran MKGR melesat kembali ke relung hati siapapun, khususnya keluarga besar MKGR,” pesan PBS, yang juga Pimpinan DPR RI dari fraksi Partai Golkar.

Dijabarkan PBS, manifestasi lambang MKGR itu dilandasi pandangan cerdik cendekia Bung Karno yang diadopsi oleh Jenderal RH. Sugandi, ajudan kesayangan Presiden Bung Karno.

“Saya ingat pandangan Bung Karno, bahwa Pancasila kalau diperas akan menjadi 3 dan diperas lagi akan menjadi satu, yaitu kegotongroyongan. Inilah ungkapan filosofis MKGR yang menggunakan lambang pohon beringin, sebelum Golkar berdiri tahun 1964,” papar PBS, sembari menambahkan bila dalam tubuh Ormas MKGR, ada berbagai elemen yang Bhinneka Tunggal Ika hingga siapa saja boleh bergabung, sebagaimana NU dan Muhammadiyah.

Namun, insiden lift macet sedikit menodai acara MKGR Jatim yang spektakuler. Sedikitnya 33 orang terjebak dalam lift lebih dari 2 jam, hingga mencemaskan petinggi MKGR Jatim dan anggotanya. Kecemasan itu pun diantisipasi oleh pihak Polrestabes Surabaya, dengan langsung menurunkan pasukan pengendali masyarakat (Dalmas).

“Kita jangan berlebihan, serahkan saja kepada ahlinya. Kalau soal lift ada teknisinya, soal keamanan polisi dan yang sakit akan ditangani dokter,” tutur Agus Salim, Ketua Pelaksana perhelatan MKGR Jatim.

Insiden yang menimpa kader dan anggota MKGR ini, sambung Agus, membuat aparat cemas dan khawatir berdampak negatif, yang sifatnya anarkis. Sebab, ada 2.000 massa MKGR Jatim hadir di Hotel Empire Palace.

“Kalau mau komplain dan menggugat, silakan teman MKGR Jatim yang di DPRD Surabaya. Saya anggota DPRD Jatim, tak perlu ikut menangani dalam hal tersebut,” tambah Agus, yang menyebutkan ada beberapa orang diangkut ambulan ke rumah sakit terdekat. Sampai berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi dari pihak menejemen Hotel Empire Palace. (jbc5/jbc2)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site