Wartawan Tuban Ancam Demo DPRD

\"\"TUBAN (jurnalberita.com) – Pengusiran tiga wartawan dari ruang sidang paripurna saat meliput rapat Badan Anggaran dengan Tim Anggaran Pemkab Tuban yang membahas Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (PAPBD) tahun 2011, membuat awak media di Kabupaten Tuban gerah.

Pasalnya, saat itu rapat membahas uang rakyat dan tertutup untuk media. Cara pengusiran yang dilakukan juga dianggap tidak selayaknya dilakukan pejabat.

“Kita sangat menyayangkan kejadian ini, dan rekan-rekan masih koordinasi untuk menentukan sikap selanjutnya. Diantaranya demo ke DPRD sampai pelaporan ke ranah hukum. Semua masih kita analisa dulu,” ungkap M Mudhofar, wartawan Berita Jatim.

Senada diungkapkan Zaki Tamami, dirinya juga mengaku kesal dengan sikap pejabat tersebut. “Kalau ini hanya miskomunikasi saja, kenapa secara jelas kita diusir. Kan tidak begini caranya,” katanya dengan nada kesal.

Sementara itu, Ketua Ronggolawe Press Solidarity (RPS), Khoirul Huda mengungkapkan, kabar pengusiran wartawan dari ruang sidang DPRD sudah menyebar di kalangan aktifis Tuban.

“Ya mestinya kan harus ada komunikasi, jangan asal usir saja. Kan wartawan juga punya hak untuk mengetahui isi sidang itu. Masak kantor rakyat, kok warga tidak boleh tahu. Saya sangat menyayangkan pengusiran itu, dan nanti kita koordinasi lagi terkait langkah dan sikap yang akan kita buat secara bersama untuk menyikapinya. Lagipula, mau membahas uang rakyat kok tertutup, kalau memang alasannya tata tertib itu perlu dianalisa lagi,” kecamnya.

Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Karjo juga turut menyayangkan kejadian tersebut. “Tidak seharusnya staf DPRD bersikap seperti itu. Harus dipahami, bagaimana UU Pers dan UU KIP, sehingga dapat bersikap dengan bijaksana,” sesalnya.

Terpisah, Ketua DPRD Tuban, Kristiawan saat dikonfirmasi, Selasa (18/10) menegaskan, dirinya sudah menegur sekretaris DPRD beserta Kabag Risalah dan Persidangan. “Saya sudah menegur keduanya. Semoga saja ini hanya miskomunikasi saja. Pada prinsipnya, saya selaku ketua DPRD tidak mempermasalahkan kehadiran rekan-rekan wartawan saat rapat itu,” kilahnya. (jbc11/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*