Bangun Lumbung Pangan Rp 1 M Untuk Antisipasi Kekurangan Pangan

Bupati Fadeli usai meresmikan gudang lumbung di Dusun Dureg, Desa Pangkatrejo, Kecamatan Lamongan. (foto:ist)

LAMONGAN (jurnalberita.com) - Pemkab Lamongan Jawa Timur membangun tujuh lumbung pangan desa senilai Rp 1.017.568.200, untuk mengantisipasi kekurangan pangan.

Ketujuh lumbung pangan itu tersebar di Desa Pangkatrejo Kecamatan Lamongan, Desa Pelang Kecamatan Kembangbahu, Desa Sumberbendo Kecamatan Mantup, Desa Pesangrahan Kecamatan Laren, Desa Dinoyo Kecamatan Deket, Desa Bulutengger Kecamatan Sekaran, dan di Desa Bantengputih Kecamatan Karanggeneng.

Bupati Fadeli saat meresmikan operasional gudang lumbung mengatakan, dari 233 lumbung pangan yang ada, tujuh diantaranya berstatus Pengembangan Kelembagaan Pangan Pedesaan (PKPP). Kemudian 36 lumbung pangan adalah binaan Pemkab Lamongan, 92 lumbung pangan berstatus swadaya masyarakat dan sisanya sedang berkembang.

“Kelembagaan lumbung pangan yang ada di Lamongan, telah berperan lebih jauh dari pada sebagai penjaga stabilitas ketahanan pangan. Karena dengan bantuan dana revolving dari APBD sebesar Rp 3,5 miliar setiap tahunnya, lumbung pangan di Lamongan bisa berperan sebagai penyangga stabilitas harga saat musim panen,” ujar Bupati Fadeli di Dusun Dureg, Desa Pangkatrejo, Kecamatan Lamongan, Kamis (24/11/11).

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Lamongan, Hani Handoyo Warih mengatakan, pembangunan lumbung pangan tersebut dibagi menjadi dua tahap. Yaitu pembangunan gudang dan bagian penunjangnya seperti lantai jemur dan sarana pengolahan hasil. (*/soc/jbc1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site