BC Madiun Amankan Rokok Bodong

Ratusan bungkus rokok berbagai merk tak berpita cukai yang diamankan BC Madiun. (foto : jbc14)

MADIUN (jurnalberita.com) - Petugas Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Madiun berhasil mengamankan ribuan rokok berbagai merek yang tidak berpita cukai. Akibatnya, negara dirugikan jutaan rupiah.

Tri Haryono, Kepala Sub Bidang Pengawasan dan Penyidikan, Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Madiun mengatakan, 3906 batang rokok yang disita, terdiri dari empat merek berbeda.

“Ini adalah hasil operasi yang kita lakukan di Ngawi pada Salasa (8/11/11) lalu. Kita berhasil mengamankan sebanyak 3.906 batang rokok dari empat merek berbeda, diantaranya B Mild, 7 B, Gudang Harum dan Sensasional,” ujar Tri Haryono, Senin (14/11) siang, pada wartawan.

Ia menambahkan, dari empat merek rokok bodong tersebut, Gudang Harum merupakan jenis rokok kretek tangan filter yang menyumbang jumlah terbanyak rokok tanpa pita cukai, yakni mencapai 170 bungkus atau sebanyak 1.360 batang.

“Dan yang paling sedikit, Sensasional hanya 240 batang atau 20 bungkus. Mengenai lokasinya, ada beberapa toko dan semuanya berada di pasar tradisional Ngawi,” terangnya.

Tri Haryono juga menjelaskan, perbuatan dilakukan oleh para produsen rokok bodong tersebut telah merugikan negara dan melanggar Pasal 54 no 39 tahun 2007 tentang pita cukai dan diancam hukuman penjara minimal satu tahun dan maksimal lima tahun.

“Mereka telah merugikan negara. Jumlah totalnya saya belum tahu. Kita juga belum bisa menangkap produsennya karena kita mendapatkan dari pedagang. Mereka hanya mengaku mendapatkan titipan dan identitas orang yang menitipkannya tidak jelas,” tuturnya. (jbc14/jbc2)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site