Bendera Emas SMK3 Disabet Pelindo Perak dan Banjarmasin

Pelindo III berharap agar berbagai unsur di pelabuhan peduli dan terlibat aktif serta mendukung penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). (foto : pp3)

SURABAYA (jurnalberta.com) - PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak dan Banjarmasin meraih Bendera Emas setelah berdasarkan hasil audit sertifikasi yang dilakukan Badan Auditor Independen yang ditunjuk pemerintah, sukses dan berhasil menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dengan baik.

Sertifikat SMK3 dengan Bendera Emas didapat PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak setelah berdasarkan audit sertifikasi, tingkat pencapaian penerapan SMK3 mencapai sebesar 86 % dari 166 kriteria. Sedangkan PT Pelindo III Cabang Banjarmasin mendapat Bendera Emas setelah hasil audit menunjukkan bila tingkat pencapaian penerapan SMK3 sebesar 85 % dari 166 kriteria.

Penghargaan SMK3, merupakan penghargaan yang diberikan kepada perusahaan yang telah berhasil menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) secara terintegrasi dengan sistem manajemen perusahaan, yang dibuktikan dengan audit oleh Penyelenggara Audit Independen.

“Peningkatan penerapan K3 di PT Pelindo III, merupakan wujud komitmen dari manajemen            PT Pelindo III dalam memberikan perlindungan K3 bagi para pegawai dan tenaga kerja. Ini juga sekaligus mendukung pencapaian program pemerintah yakni ‘Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2015’.” Kata Edi Priyanto, Kepala Humas PT Pelindo III.

Gerakan budaya K3 ini, menurut Edi, tidak bisa hanya dilakukan PT Pelindo III, namun berbagai unsur di Pelabuhan harus turut peduli dan terlibat. “Seperti Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM), Tenaga Tally, Perusahaan Bongkar Muat (PBM), Perusahaan Pelayaran, para Sopir dan tidak ketinggalan institusi seperti Otoritas Pelabuhan, Syahbandar, Kepolisian, Polairud, Karantina, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Imigrasi serta Bea dan Cukai,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, gerakan ini mempunyai tujuan mulia yakni meningkatkan kesadaran dan ketaatan pemenuhan norma K3, meningkatkan partisipasi semua pihak untuk optimalisasi pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan usaha dan terwujudnya budaya K3 masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) juga telah diberikan pada beberapa Cabang Pelabuhan lingkungan PT Pelindo III dengan sertifikat SMK3 dan Bendera Emas. Pelabuhan dilingkungan PT pelindo III yang pernah mendapat penghargaan ini diantaranya, Pelabuhan Tanjung Emas, Terminal Petikemas Semarang, Pelabuhan Benoa Bali, Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap.

Sedangkan dua pelabuhan lainnya, Pelabuhan Tenau Kupang dan Pelabuhan Kotabaru, pernah mendapat Sertifikat SMK3 dengan perolehan Bendera Perak. (jbc2/pp3)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site