Giliran Pelindo Gresik Raih ISO 9001:2008

Salah satu kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Gresik. (foto : pp3)

GRESIK (jurnalberita.com) – Hebat. Kinerja dan mutu pelayanan jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Gresik kini diakui dunia internasional. Pengakuan tersebut seiring diperolehnya sertifikat ISO 9001:2008 oleh manajemen Pelindo III Gresik, yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi nasional, PT Sucofindo.

Tak mudah bagi PT Pelindo III Gresik mendapat sertifikat penerapan ISO 9001:2008 ini karena membutuhkan waktu 6 bulan. Beberapa tahapan audit harus dilalui mulai dari diagnostic assesment, pelatihan-pelatihan, penyusunan dokumen, audit internal, pelaksanaan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan kemudian baru pengajuan sertifikasi yang meliputi dua kegiatan,yaitu, preliminery dan audit sertifikasi, hingga akhirnya berhasil keluar sertifikasi ISO 9001:2008.

Sertifikat penerapan ISO 9001:2008, yang diraih Pelindo III Gresik ini, merupakan suatu jawaban atas tuntutan pasar yang semakin meningkat, tingkat persaingan yang semakin ketat serta berguna untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi perusahaan. Dalam persaingan pasar yang begitu ketat, perusahaan yang memperhatikan mutu dan memberikan kepuasan pada pelanggan yang dapat bertahan hidup dan memenangkan persaingan.

ISO 9001:2008 merupakan standar internasional yang diakui untuk sertifikasi sistem manajemen mutu (SMM). Dan di Indonesia, dilakukan oleh Badan Standardisasi Nasional telah ditetapkan dalam SNI ISO 9001:2008, sesuai Surat Keputusan BSN nomor : 125/KEP/BSN/12/2008 tanggal 30 Desember 2008. Standar tersebut mencakup sistem manajemen mutu untuk persyaratan umum dan persyaratan dokumentasi, tanggung jawab manajemen, pengelolaan sumber daya, realisasi produk dan pengukuran, analisis dan berbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

SNM menyediakan kerangka kerja bagi perusahaan dan seperangkat prinsip dasar dengan pendekatan manajemen secara nyata dalam aktifitas rutin perusahaan guna terciptanya konsistensi mencapai kepuasan pelanggan. Pelindo III Gresik merupakan cabang PT Pelindo III yang kesebelas meraih sertifikasi ISO 9001:2008, setelah sebelumnya secara berurutan sertifikasi serupa diperoleh Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Tanjung Emas, Terminal Petikemas Semarang (TPKS), Pelabuhan Tanjung Intan, Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Benoa, Pelabuhan Tanjung Wangi, Pelabuhan Tenau Kupang, Pelabuhan Kotabaru dan Pelabuhan Lembar.

Perolehan dan penerapan ISO 9001:2008 bermanfaat bagi Pelindo III Gresik karena akan meningkatkan kepercayaan pelanggan atas jasa, memberikan jaminan kualitas pelayanan yang diberikan, meningkatkan produktivitas perusahaan, meningkatkan motivasi, moral dan kinerja pegawai, dapat juga dijadikan sebagai alat analisa kompetitor perusahaan, mampu meningkatkan komunikasi internal, meningkatkan image positif perusahaan, sistem prosedur juga akan terdokumentasi, serta sebagai sarana media untuk pelatihan dan pendidikan. (jbc2/jbc6/pp3)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site