Gubernur Jateng Tegur Kontraktor Bangunan Bendung Lanang

\"\"

GROBOGAN (jurnalberita.com) - Gubernur Jateng, H Bibit Waluyo minta kepada kontraktor PT Nindya Karya segera membongkar dan memperbaiki bangunan jaringan Bendung Lanang yang retak di tiga titik sebelah hilir bendung. Tidak sekali ini saja Gubernur menegur proyek bendung itu. Beberapa waktu lalu Gubernur sempat menilai pekerjaan ini tak serius bahkan sempat marah dan meminta untuk membongkar dan mengulangi kembali pekerjaannya.

“Saya minta agar segera diperbaiki, apabila tidak, umur bangunan tidak akan berumur panjang dan akan rusak kembali,” pinta Gubernur saat meninjau Bendung Lanang, seusai penyerahan sertifikat massal di pendopo kabupaten Grobogan. Bibit Waluyo meninjau bendung Lanang didampingi Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Pemali Juana Isprasetyo dan Bupati Grobogan, H Bambang Pudjiono. Gubernur sempat mengelilingi bangunan bendung dan melihat kondisi bangunan yang mulai retak.

Sementara itu, Pemali Juana menjelaskan, bahwa pembangunan Bendung Lanang dikerjakan oleh kontraktor PT Nindya Karya dengan dana sekitar Rp 43 miliar dan direncanakan selesai pada juni 2011. Namun hingga kini proyek tersebut berlum juga usai.

Rencananya bendungan ini akan digunakan untuk jaringan irigasi yang bisa mengairi sawah seluas 1.900 hektar di wilayah Kecamatan Penawangan dan Karangrayung. “Direncanakan akhir Desember 2011 nanti, bangunan bendung dan jaringan irigasi sudah selesai. Bendung Lanang sendiri mendapat suplai air 3 meter kubik per liter dari Waduk Kedung Ombo melalui Bendung Sidirejo yang dialirkan melalui Sungai Lalang sejauh 13 km,” pungkasnya. (jbc13/jbc1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*