Jouhar Ditugasi \”Garap\” Kartar Gresik

\"\"

GRESIK (jurnalberita.com) – Usai dilantik menjadi Ketua Karang Taruna Kabupaten Gresik, Jouhar Gunawan ditugasi untuk merevitalisasi dan membentuk pengurusan 356 Karang Taruna tingkat Desa dan Kelurahan. Tugas ini diberikan Bupati Gresik, Dr. Sambari Halim Radianto setelah melantik kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Gresik masa bakti 2011 – 2016 di Pendopo Bupati Gresik, Rabu (9/11/11) lalu.

“Kami harapkan kepengurusan Karang Taruna di Tingkat Desa dan Kelurahan ini sudah terbentuk sebelum agenda peringatan Hari Ulang Tahun Pemkab Gresik dan Hari Jadi Kabupaten Gresik,” ujar Bupati.

Bupati juga menyatakan, kepengurusan Karang Taruna yang dilantik terdiri dari berbagai unsur, mulai dari golongan Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, swasta, pegawai negeri serta dari kalangan  usahawan muda.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan keprihatinan tentang kiprah karang taruna selama ini yang kurang menggema. “Para remaja dan pemuda sekarang menganggap karang taruna itu jadul. Tugas pengurus yang baru untuk mengubah mindset  anak muda agar karang taruna lebih menarik dan diterima”.

Untuk meningkatkan aktifitas dan peran serta karang taruna di masyarakat, orang nomor satu di Kabupaten Gresik yang juga mantan Ketua Karang Taruna era 80-an ini, memberikan advis agar para pengurus masuk diberbagai kegiatan yang ada, misalnya kepramukaan, kegiatan yang ada di sekolah, juga kegiatan sosial kemasyarakatan yang melekat di Pemerintahan, termasuk dalam pemilihan Duta Wisata.

Selain itu, Bupati mengajak Karang Taruna lebih berperan aktif dalam mengawasi kinerja pemerintah serta aplikasinya dilapangan. “Anda bisa memantau berbagai proyek pemerintah, agar bisa berjalan sesuai dengan harapan masyarakat,” tegasnya.

Pelantikan pengurus Karang Taruna Gresik, selain dihadiri oleh jajaran Muspida dan Pejabat Pemkab Gresik, juga dihadiri perwakilan Pengurus Karang Taruna Provinsi Jatim.

Dalam pesannya, Sekretaris Karang Taruna Provinsi Jatim, Agus Maimun menyebutkan, 3 pilar yang harus dijalani karang taruna, yaitu menjadi agen kemandirian sosial, agen solidaritas sosial dan agen moralitas bangsa. “Karang Taruna harus menjadi motor kemajuan di setiap tingkatan,” ujar Agus.

Dalam pidatonya usai dilantik, Jauhar Gunawan meminta kepada seluruh jajaran untuk memberikan bimbingan agar dalam menjalankan aktifitas memimpin karang taruna bisa lebih bermanfaat serta sesuai keinginan masyarakat. (jbc6/sdm)

Tags: , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

3 Responses

  1. mohon ijin tanya, apa program kartar pemkab gresik tahun 2012 dan kantornya dimana? terima kasih atas perhatiannya.
    085645511137

  2. bagaimana cara melantik anggota karang taruna. karana saya masi baru menjadi ketua karang tuna desa. dan masi merintis. trims. bls di nomor 08563208691 / 081235582591

  3. di daerah saya selama ini ditingkat kecamatan gak pernah tersentuh kartar dari pemda makanya saya berharap petinggi pemerintahan gresik terutama kartar tingkat kabupaten segera meninjau langsung ke setiap kecamatan-kecamatan biar tingkat desa bisahidup lagi kartarnya terima kasih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*