Longsor Menerjang, Warga Dilanda Kecemasan

Kandang milik warga terlihat porak-poranda setelah diterjang tanah longsor yang datang dengan tiba-tiba. (foto : jbc14)

MAGETAN (jurnalberita.com) – Musibah tanah longsor menerjang Dukuh Rejeng, Desa Puntukdoro, Kecamatan Plaosan, bersamaan dengan hujan deras beberapa hari terakhir. Akibatnya, kandang ayam berkapasitas ribuan dan sebuah kandang sapi milik warga roboh. Kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Kandang ayam yang roboh akibat terjangan tanah longsor tersebut milik Karni. Kandang yang bisa menampung hingga 3 ribu ekor ayam itu ambruk akibat longsoran tanah yang berada tepat di belakang kandang. “Kejadiannya sangat cepat. Saat shalat Maghrib, tiba-tiba terdengar suara brukk, dan kandang ayam saya sudah keruntuhan tanah plengsengan itu,” kata Karni, Senin (7/11).

Beruntung, kandang berkapasitas ribuan ekor ayam itu dalam kondisi kosong karena sepekan lalu, Karni sudah memanen ribuan ayam potongnya. Meski begitu, untuk membangun kembali kandangnya yang roboh, dia harus merogoh kocek puluhan juta rupiah.

“Kalau dihitung (kerugiannya – red) ya besar. Membangun ini kembali, mungkin tidak cukup Rp 30 juta. Apalagi harga kayu dan bahan bangunan juga sudah naik,” jelasnya.

Nasib serupa dialami Sutrisno. Kandang sapi dan dapur rumahnya yang bersebelahan dengan kandang ayam milik Karni, juga ambruk. “Awalnya ada tiga sapi di dalam kandang. Kebetulan, paginya satu ekor sudah laku, tinggal dua. Tapi tidak apa-apa dan sekarang sudah saya titipkan saudara,” kata Sutrisno.

Akibat kejadian itu, Sutrisno butuh sekitar Rp 15juta untuk menegakkan kembali kandang plus dapur miliknya. “Atapnya sudah roboh soalnya. Jadi, ya harus bangun mulai awal. Tapi sebagai orang kecil saya hanya bisa pasrah. Mudah-mudahan saja pemerintah memberikan bantuan untuk mengurangi beban kami ini,’ ujar Sutrisno.

Pasca longsor, hingga hari ini warga sekitar masih terlihat bergotong-royong membangun kembali dua kandang yang roboh tersebut. Di sisi lain, sejumlah warga yang rumahnya tak jauh dari plengsengan mengaku khawatir rumahnya tertimpa longsoran tanah, apalagi kondisi tanah tebing diduga mulai labil. (jbc14/jbc2)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site