Pasar Hewan Dadakan Berharap Untung Besar

Salah satu penjual kambing di tenda pinggir jalan. (foto : jbc16)

BOJONEGORO (jurnalberita.com) – Jelang Hari Raya Idul Adha, pasar hewan dadakan banyak bermunculan di beberapa kawasan di Kabupaten Bojonegoro. Keberadaan para penjual hewan dipinggir-pinggir jalan, kebanyakan menjual kambing, terlihat sekitar dua minggu terakhir.

Para pedagang beralasan, dengan membuka lapak atau lokasi penjualan hewan di pinggir jalan, selain di pasar hewan, merupakan salah satu cara untuk melayani pembeli yang membutuhkan hewan kurban, dengan keuntungan lebih besar. Selain strategis, dari segi pemasaran, dengan berlokasi dipinggir jalan, pembeli dengan mudah melihat hewan yang diperjualbelikan.

Khasan, salah seorang penjual kambing sekaligus pemilik lokasi tenda dadakan mengaku lebih memilih membuka tenda dipinggir jalan bagi kambing-kambing yang dijualnya. Hal itu menurutnya, karena menjelang Idul Adha, permintaan hewan kurban, seperti kambing akan meningkat dan waktunya pun setiap saat alias mendadak, sebelum pelaksanaan Idul Adha.

“Biasanya, kalau suasana Idul Adha seperti ini, saya bisa menjual kambing yang biasanya dijual dan laku dengan harga Rp 800 ribu, bisa mencapai Rp 1,2 – Rp 1,5 juta per ekor,” terang Khasan, sembari menambahkan bila kambing yang dijualnya umurnya sudah mencukupi untuk dijadikan hewan kurban. (jbc16/jbc2)

 

Leave a comment





*