Pembinaan Budaya Dikalahkan Wahana Wisata

TUBAN (jurnalberita.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban lebih memilih melengkapi fasilitas wahana bahari di Pantai Boom dan Terminal Wisata Tuban (TWT), ketimbang program pembinaan kebudayaan.

Pada tahun 2012, dua lokasi wahana bahari yang dikelola Pemkab Tuban, bakal mendapat gelontoran dana miliaran rupiah agar dapat menarik pengunjung secara maksimal. Namun, hal itu berimbas pada pemangkasan anggaran dan program pembinaan kebudayaan.

Pada tahun 2011, terdapat 24 program pembinaan kebudayaan. Namun, pada tahun 2012 mendatang, program pembinaan kebudayaan mengalami penurunan menjadi 18 program atau menurun sekitar 30 persen.

Kasi Kebudayaan Pemkab Tuban, Sutarji saat ditemui jurnalberita.com diruang kerjnya menyayangkan dipangkasnya anggaran untuk pembinaan terhadap kebudayaan pada tahun 2012.

“Sebenarnya sangat disayangkan. Ada sekitar 30 persen program pariwisata yang kami usulkan dicoret, karena tahun 2012 diprioritaskan pada penambahan wahana di pantai Boom dan TWT,” ujarnya.

Pencoretan usulan itu bukan tidak punya alasan. Ia mencontohkan Gelut Pathol sebagai kebudayaan orang pesisir. Dalam beberapa tahun terakhir, tak ada pertandingan yang diselenggarakan masyarakat. Ditambah pula dengan tidak adanya koordinasi dari tokoh nelayan, yang datang ke Dinas Perkonomian dan Pariwisata Tuban, untuk menggelar even tersebut.

Padahal, lanjutnya, Gelut Pathol sudah masuk dalam pamflet atau brosur agenda pariwisata yang disebarkan pada masyarakat. Hal itu yang menyebabkan tidak lagi dianggarkan oleh Dinas Perokonomian dan Pariwisata Tuban. (jbc3/jbc2)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site