Pemkab Tuban Kembali Gelar Ujian Massal Perangkat Desa

TUBAN (jurnalberita.com) - Pemerintah Kabupaten Tuban kembali bakal menggelar Ujian Massal Perangkat Desa pada tanggal 14 Desember mendatang, setelah tahun 2009 – 2010 lalu banyak peserta yang tidak lulus dalam ujian tersebut. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengisi kekosongan 737 jabatan perangkat desa se-kabupaten Tuban yang masih kosong, yang pendaftarannya mulai dibuka sejak 6 November lalu.

Ujian kali ini merupakan ketiga kali setelah ujian pertama hanya memenuhi 5 persen kuota, dan ujian kedua tahun lalu hanya 20 persen kuota terpenuhi. Tahun 2011 ini, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa kembali menggelar ujian perangkat desa massal dengan lokasi ujian di kantor kecamatan masing-masing.

Kepala Bapemas Tuban, Waris Arifin saat dikonfirmasi, Selasa (8/11/11) usai dengar pendapat dengan Komisi A DPRD Tuban menjelaskan, bahwa ujian perangkat desa kali ini diharapkan dapat mengisi sedikitnya 60 persen lowongan.

“Saya berharap, kali ini dapat memenuhi 60 persen kekosongan, dan anggarannya maksimal Rp 5 juta tiap desa yang ditetapkan melalui peraturan desa,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Tuban, Agung Supriyanto menegaskan pihaknya sebelum pelaksanaan ujian perangkat kali ini meminta penjelasan untuk mengetahui detail pelaksanaan ujian. Sehingga dapat mengurangi terjadinya pelanggaran.

“Komisi A melakukan hearing, agar tahu detail kegiatan dan kita akan mengawasi dengan seksama, termasuk tim desa yang terlibat dalam pelaksanaan pengawasan ujian di tiap kecamatan,” tegasnya. (jbc11/jbc1)

Adapun Rekapitulasi Lowongan Perangkat Desa Se-Kabupaten Tuban sampai dengan Oktober 2011 diantaranya adalah:
Kaur Umum dan Pemerintahan                   :     52
Kaur Ekonomi dan Keuangan                       :     74
Kaur Pemberdayaan dan Pembangunan  :     73
Kasi Tanah dan Air                                          :   128
Kasi Kesejahteraan Masyarakat                  :     91
Kasi  Trantib                                                     :   102
Kasi Nelayan dan Perikanan                         :     17
Kepala Dusun                                                   :   200

(Sumber: Komisi A DPRD Tuban)

Tags: , , , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

4 Responses

  1. udah hampir 3 periode… kekosongan begitu banyak.. tiap kali penyaringan pesertanya juga membludak… sebenarnya soal ujianya yang terlalu sulit atau SDM-nya yang kurang mampu.. soal ujianya terlalu sulit x pak?? yang penting bersih…. segera tidak tegas jika terjadi kecurangan!!!!

  2. semoga sukses!

  3. Kecurangan perekrutan kader perangkat DESA SEMANDING terindikasi dari perangkat desa yang menjadi panitia yang bertugas sebagai korektor jawaban.
    tolong dari pemkot menurunkan tim independen yang bertugas untuk mengawasi kelancaran jalannya tes perangkat. Khususnya untuk desa SEMANDING.

  4. Pd tes perangkat desa se kec. semanding tahun 2010 memang di semanding terjadi kecurangan dari panitia tes. hal tersebut terindikasi dr peserta yang lolos sering kuluar ke kamar mandi dengan didampingi perangkat dari desa semanding yang bernama pujiono dan mudiono selaku sekertaris dan kaur keuangan. sedangkan yang terpilih adalah kemenakan dari kaur yang akan pensiun. dan orang tersebut memperoleh nilai yang hampir mendekati sempurna yaitu hanya salah 2 soal saja.
    tolong pada dinas yang terkait agar lebih selektif dalam kepanitiaan dan sebaiknya langsung dikoreksi via komputer.
    APA NDAK MALU, JIKA KEPANITIAAN KABUPATEN KALAH DGN UJIAN SD YANG TELAH MENGGUNAKAN KOMPUTERISASI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site