Petman, Robot Dengan Kemampuan Perang

Prototipe Petman, calon perang militer baru yang kini tengah disempurnakan kemampuannya. (foto : Ist)

jurnalberita.com – Saat Jepang menciptakan sebuah robot “manusiawi”, Amerika Serikat justru mempunyai persepsi berbeda dalam pengembangan teknologi robotik. Percaya atau tidak, negara superpower ini mulai mempersiapkan generasi pertama robot militer humanoid. Pasukan robot seperti dalam film-film action, bukan lagi sekedar gambaran visual, namun bakal nyata adanya.

Boston Dynamics, salah satu perusahaan yang bekerja di bawah Defense Research Project Agency (DARPA) Amerika Serikat memperkenalkan sebuah prototipe robot dengan nama sandi Petman. Prototipe robot yang diklaim dikembangkan untuk uji coba peralatan perang ini memang memesona.

Bagaimana tidak? kemampuan Petman melakukan adaptasi keseimbangan, hampir menyerupai manusia. Ia dapat berjalan, berlari (hingga 7 km per jam), berbelok, mengendap, berbaring dengan sempurna berkat teknologi auto-balance yang mumpuni. Sebagian besar gerakan yang ia hasilkan juga terlihat mulus layaknya manusia.

Boston Dynamics mengakui, mereka akan menyisipkan lebih banyak feature yang akan diadaptasikan di Petman di versi finalnya mendatang. Tidak hanya sekadar menambahkan kepala, mereka juga akan menyuntikkan kemampuan yang lebih menyerupai manusia, seperti keringat dan perubahan suhu tubuh.

Walaupun tidak diakui secara terbuka sebagai perangkat militer, namun teknologi 26 juta USD yang tertanam di Petman menjadikannya sebagai kandidat “robot militer” pertama yang potensial.

Petman mampu menirukan beragam gerakan standar prajurit dengan sempurna. Mereka hanya perlu menambahkan dan menyempurnakan mekanisme senjata didalamnya untuk membuat robot yang selama ini hanya bisa kita saksikan lewat film sci-fi.

Dengan investasi puluhan juta dollar yang dikucurkan, tidak tertutup kemungkinan kita akan menjadi saksi sejarah arah perang modern yang baru. Perang yang menempatkan robot menjadi senjata utama untuk peran yang lebih destruktif.

Menurut rencana “pasukan militer” ini akan selesai tahun 2012 mendatang dan akan menjadikannya sebagai salah satu basis militer AS secara langsung. Apalagi yang kurang dari skenario ini? Bersiaplah perang melawan robot dengan kemampuan berperang layaknya paskan militer AS. (*)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site