Smelting Boyong KWG Workshop Jurnalistik

Workshop Jurnalistik hasil kerjasama PT Smelting dan KWG menghadirkan Ashadi Siregar sebagai narasumber. (foto : jbc6)

PASURUAN (jurnalberita.com) –  Untuk meningkatkan skill, intregitas, etika dan bermartabat, Komunitas Wartawan Gresik (KWG) bekerjasama dengan PT Smelting menggelar workshop pelatihan profesi jurnalisme selama dua hari di Hotel Tretes, Sabtu dan Minggu (12-13/11).

Ashadi Siregar, salah satu tokoh yang sudah lama malang melintang dalam dunia pers sekaligus Kepala Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerbitan Yogyakarta (LP3Y), menjadi narasumber dalam workshop yang diikuti puluhan wartawan, baik media cetak maupun elektonik serta Online, yang tergabung dalam KWG.

Selama dua hari, puluhan wartawan digembleng agar mampu meningkatkan SDM  dengan tujuan agar mampu menjadi wartawan yang profesional dan bermartabat, sesuai dengan tema workshop, ‘Menuju Wartawan Bermartabat’.

Materi yang disajikan Ashadi dalam workshop antara lain, mengupas tuntas dalam menjalankan profesi jurnalis mulai dari materi standar profesi jurnalis, orientasi hingga standar melakukan liputan.

Pengambilan tema tersebut sangat penting, mengingat tugas wartawan sangat dipengaruhi berbagai aspek, baik sosial, politik bahkan yang krusial adalah aspek ekonomi. Sehingga, dalam menjalankan tugasnya, wartawan sudah mendapat bekal serta pegangan ilmu hingga mampu mengatasi berbagai kepentingan dan aspek yang mempengaruhi tugas di lapangan.

“Kami mendapatkan pembekalan ilmu dari pelatihan ini. Untuk menjadi wartawan yang baik dan idealis serta bermartabat itu tidak gampang. Dengan adanya pelatihan ini, kami akhirnya sadar untuk menjadi wartawan diperlukan banyak hal yang menyangkut interaksi dengan narasumber dan penulisan berita nantinya,” terang Lono, salah satu wartawan mingguan.

Sementara itu,  PT Smelting yang diwakili Syaiful Bachri mengungkapkan, pelatihan jurnalisme ini diadakan agar dapat meningkatkan knowledge, etika, komitmen dan skill para pekerja pers atau wartawan, khususnya wartawan yang melakukan liputan di Kabupaten Gresik.

“Kami berharap dengan kegiatan pelatihan jurnalisme ini, kemampuan wartawan terutama di Gresik semakin meningkat menuju wartawan yang profesional,” terangnya. (jbc6/jbc2)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site