Spesialis Penggelapan Mobil Divonis 1 Tahun

\"\"

GRESIK (jurnalberita.com) – Setelah terbukti melakukan penggelapan 3 unit mobil rental dan divonis 1 tahun 6 bulan, kini terpidana Fawani Emiliyah alias Efa warga Jl. Cakra, Dusun Sumber, Desa Kembangan Kecamatan Kebomas kembali divonis oleh majelis hakim dengan perkara yang sama namun dengan korban berbeda.

Pada sidang lanjutan yang digelar di PN Gresik, terdakwa spesialis penggelapan mobil rental ini dijatuhi hukuman majelis hakim yang diketuai Fathul Mujib SH dengan anggota Dameria F SH dan I Gede P Saptawan SH, selama satu tahun penjara.

Vonis ini jauh lebih ringan dari vonis sebelumnya yakni hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan. Tidak hanya itu, vonis tersebut juga lebih ringan dari tuntutan JPU ER Handaya dengan hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan.

Seperti diberitakan sebelumnya, terdakwa diseret oleh JPU ER Handaya SH ke mejahijau karena didakwa telah melakukan penggelapan satu unit mobil rental, mobil Toyota Kijang dengan Nopol L 1116 XS keluaran tahun 1999 milik korban Ainul Yasak, yang digadaikan sebesar Rp 16 juta.

Terdakwa Eva telah melakukan tindak pidana penggelapan mobil rental sekitar bulan Desember 2010 sampai tahun 2011. Berawal saat saksi Roaidah dihubungi terdakwa untuk mencarikan mobil rental yang akan dipakai keperluan kantor. Roaidah lalu menghubungi saksi korban Ainul Yasak. Setelah bertemu dan terjadi transaksi, di mana uang sewa disepakati Rp 150 ribu perhari.

Namun setelah mobil disewa, oleh terdakwa mobil tersebut digadaikan pada Mualim sebesar Rp 16 juta. Akibat penggelapan yang dilakukan oleh terdakwa, saksi korban Ainul Yasak mengalami kerugian hampir Rp 50 juta. (jbc6/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*