Angka Pelanggaran Lalin Masih Tinggi

Suasana sidang tilang di Pengadilan Negeri Gresik. (foto : jbc6)

GRESIK (jurnalberita.com) – Angka pelanggaran lalu lintas (Lalin) di Gresik, makin hari mengalami peningkatan. Terbukti, dalam waktu seminggu, ada sekitar 3.456 surat tilang yang masuk di Pengadilan Negeri (PN) Gresik. Akibatnya, ruang sidang PN Gresik pun dipenuhi para pelanggar lalu lintas yang menhadiri sidang.

Hal itu pula yang membuat para Hakim dan Panitera Pengganti PN Gresik harus bekerja ekstra keras. Persiapan sidang tilang sudah dimulai pada hari Rabu Persiapan sidang tilang sudah dimulai dipersiapkan. Ruang sidang yang biasanya hanya dipakai dua ruangan, kemarin 4 ruang sidang dengan 4 orang hakim, digunakan khusus untuk melakukan sidang tilang.

Selain menambah ruangan sidang, jadwal sidang juga dimajukan. Bila pada hari biasa sidang dimulai pukul 09.00 WIB, namun kali ini sidang dimajukan pukul 08.00 WIB. Akibatnya banyaknya warga yang mengambil dan menghadiri sidang pelnggaran lalu lintas, tak hanya membuat PN Gresik dijubeli ribuan orang sejak pagi, namun jalanan didepan PN Gresik mengalami kemacetan. Aparat kepolisian pun harus turun tangan dengan mengalihkan arus lalu lintas.

Menurut salah satu hakim sidang, I Gede P. Saptawan SH, surat tilang yang masuk ke PN Gresik mengalami peningkatan tajam dari minggu sebelumnya. “Minggu lalu hanya ada sekitar 2.300 surat tilang yang masuk. Kali ini ada sekitar 3.456 surat,” terangnya.

Terkait masalah denda yang dijatuhkan, Gede mengatakan bahwa pelanggar yang tidak menyalakan lampu, tidak memakai helm serta kaca spion tidak lengkap didenda sekitar Rp. 60 ribu. Sedangkan untuk pelanggar yang tidak mempunyai SIM dikenakan denda sekitar Rp. 100 ribu. (jbc6/jbc2)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site