Bisnis Bunga Sansevieria Cukup Menjanjikan

Belasan jenis bunga Sansevieria koleksi Safwan. (foto : kpp/nov)

PADANGPANJANG (jurnalberita.com) – Bunga, yang selama ini identik dengan dunia perempuan dan terkesan feminin, ternyata tidak sepenuhnya benar. Salah satunya seperti yang dilakukan Safwan, seorang pengusaha warung internet (Warnet) ini. Selain hobi, ia juga serius mengembangkan dan membibit bunga yang berasal dari benua Afrika, Sansevieria.

“Saya tertarik mengembangkan bunga yang satu ini. Sejak lama saya sangat menyukai bunga, bukan hanya Sansevieria, juga Anturium dan beragam jenis Bonsai,” demikian ujarnya saat bincang-bincang dengan jurnalberita.com di lantai dua warnet yang dikelolanya, Kamis (22/12/11).

Pengusaha warnet yang juga tokoh pemuda Padang Panjang itu, sejak beberapa tahun lalu sibuk mengumpulkan beragam jenis Sansevieria. Hingga saat ini, sudah sekitar 150-200 jenis Sansevieria yang dirawatnya.

Saat disinggung biaya yang harus dikeluarkannya untuk menyalurkan hobinya itu, Safwan menjelaskan, selain mengeluarkan biaya untuk membeli beberapa bibit bunga melalui media jejaring sosial, yang selalu menyediakan lelang dan open sale, ia juga melakukan pembibitan sendiri.

“Bunga ini membutuhkan ketelatenan dalam proses pembibitan. Masing-masing jenisnya memerlukan perawatan yang berbeda pula. Selain perlu waktu yang sangat lama, biasanya tiga sampai empat bulan baru tumbuh dan bertunas baru, juga dibutuhkan media tanam yang cocok,” jelasnya.

Sansevieria merupakan jenis bunga yang cocok dengan segala jenis cuaca dan musim. Namun, bunga satu ini memerlukan cahaya matahari langsung. Untuk mengembangkan Sansevieria miliknya, Safwan menyediakan media khusus berupa pasir Malang, sekam, pakis dan kompos sebagai media tanam unggulannya.

“Selain hobi, di beberapa media jejaring sosial banyak orang yang menjual bunga ini. Harganya pun bervariasi, paling murah Rp 5.000, sampai yang termahal berharga jutaan rupiah. Jadi, selain hobi, ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan,” ucapnya.

Disela-sela merawat bunga dan menjalankan usaha warnetnya, ia juga bercita-cita untuk membentuk cabang Komunitas Pencinta Sansevieria Indonesia (Kompensasi). (kpp/nov/jbc2

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site