Damhudi : Tak Ada Perubahan Dapil

\"\"

PACITAN (Jurnalberita.com) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Pacitan menegaskan, tidak akan ada perubahan daerah pemilihan (Dapil) saat Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan, Damhudi, Ketua KPUK Pacitan yang ditemui Kamis, (1/12/11). Dia mengatakan, komposisi Dapil di Pacitan masih tetap sama dan tidak ada perubahan.

“Hingga detik ini, tidak ada rencana untuk merubah gabungan kecamatan di setiap Dapil. Jadi masih tetap sama,” ujar Damhudi, saat dikonfirmasi di kantornya.

Pria yang sudah dua periode menjadi anggota KPUK Pacitan itu mengatakan, jumlah kursi di setiap Dapil juga tidak berubah. Untuk Dapil I, yang meliputi Kecamatan Pacitan-Pringkuku, masih tetap 8 kursi. Dapil II yaitu Kecamatan Punung-Donorojo 6 kursi, Dapil III yang merupakan gabungan Kecamatan Arjosari-Tegalombo tetap merebutkan 8 kursi.

Sedangkan Dapil IV yang meliputi Kecamatan Nawangan-Bandar 7 kursi, Dapil V meliputi Kecamatan Kebonagung-Tulakan dengan 10 kursi dan Dapil paling buncit, meliputiKecamatan Ngadirojo-Sudimoro dengan 6 kursi. “Pada prinsipnya, penentuan Dapil itu bukan otoritasnya KPU,” jelasnya.

Menentukan Dapil, lanjut Damhudi, diputuskan atas masukan dari banyak pihak, seperti tokoh masyarakat, partai politik, serta unsur pemerintahan terlibat didalamnya. “Semua komponen tersebut saling memberikan saran dan masukan sebelum memutuskan gabungan kecamatan dalam satu Dapil,” jelasnya.

Selain itu, juga mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya seperti letak geografis wilayah, akses infrastruktur, tingkat perekonomian, sosial budaya serta kultur masyarakat. Terkait jumlah kursi di setiap Dapil, Damhudi menegaskan, minimal sebanyak 3 kursi, dan maksimal 12 kursi. (jbc15/jbc2)

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*