Gubernur Isyaratkan Ganti Sekkab Pacitan

Aksi demo yang dilakukan Gerakan Intelektual Muda Pacitan. (foto : jbc15)

PACITAN (Jurnalberita.com) – Gubernur Jatim, H. Soekarwo, sepertinya memberi sinyal positif terkait desakan pergantian Sekkab Pacitan, Ir Mulyono, seperti yang diserukan Gerakan Intelektual Muda Pacitan (GIMP). Sinyal tersebut sudah terbaca jauh hari sebelum aksi turun ke jalan oleh aktivis LSM terjadi.

“Ini bocoran dari Gubernur. 90 persen masyarakat memang menginginkan seperti itu. Informasi ini saya terima, ketika bertemu langsung Pakde Karwo di Kantor DPC Demokrat Pacitan,” kata Pujo Setyo Hadi, Ketua Komisi D DPRD Pacitan, disela-sela aksi demo.

Legislator Demokrat itu menegaskan, pada prinsipnya Gubernur tinggal menunggu kesiapan Bupati untuk mengusulkan. Pujo juga mengungkapkan, bahwa sinyal ketidakharmonisan hubungan antara Bupati dan Sekkab tidak hanya terjadi di Pacitan. Di beberapa kabupaten/kota lain di Jatim, hal seperti itu disinyalir juga tengah berlangsung.

“Nah, sekarang jawaban itu ada di Bupati yang harus ndadak (siap – red). Gubernur tidak akan mungkin bersikap, kalau tidak ada masukan ataupun usulan dari Bupati,” beber wakil dari Dapil Kecamatan Punung-Donorojo ini, disambut tepuk tangan perwakilan aksi saat berada di dalam gedung dewan.

Dilain pihak, Bupati Pacitan, Indartato, berterimakasih mendapat kritikan. Baginya, kritik merupakan pelecut demi terciptanya pemerintahan yang lebih baik. “Saya berharap, ke depan Pacitan itu bisa lebih baik. Adem ayem, tentrem, tidak ada masalah,” kata Indartato, saat bertemu perwakilan pendemo di Ruang Peta, Pemkab Pacitan.

Soal desakan pergantian Sekkab, Indartato berjanji segera menindaklanjuti dan akan segera dilaksanakan. “Dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Persoalan ini segera kami tindaklanjuti sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. Kami akan koordinasikan dengan Bapperjakat dan Gubernur,” tegas bbupati berlatar Partai Demokrat itu.

Indartato juga menyatakan, dirinya tidak akan bersinggungan dengan ranah hukum. “Kalau soal itu (hukum), biar lembaga yang berwenang yang akan menindaklanjuti,” kata Bupati, seolah memberi sinyal bagi aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas persoalan yang mungkin berkait erat dengan Sekkab, Mulyono.

Sugiri Sancoko. (foto : jbc15)

Sediono, salah seorang peserta aksi meminta agar Bupati Indartato lebih selektif dan profesional menentukan pengganti Sekkab Mulyono. Dia tidak menginginkan, calon Sekkab, nantinya dilatari kepentingan politik balas budi. “Percuma diganti kalau penggantinya tidak lebih baik. Pacitan justru tidak akan adem ayem, tapi malah memicu gejolak,” tukas Sediono, tokoh masyarakat asal Desa Arjosari ini.

Sementara itu, Sugiri Sancoko, Anggota DPRD Jawa Timur mengaku siap mengawal aspirasi tersebut hingga ke tangan Gubernur. “Kalau memang masyarakat menghendaki, kita sebagai wakil rakyat harus siap mengawal hingga persoalan ini tidak akan mengganggu proses pemerintahan dan pelayanan terhadap masyarakat,” tandasnya, disela-sela kegiatan reses di Desa Ketro Kebonagung, Pacitan. (jbc15/jbc2)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site