JOB-PPEJ Salurkan 300 Bibit Pohon

Budi Wiryono secara simbolis melakukan penanaman bibit unggul. (foto : jbc11)

TUBAN (jurnalberita.com) – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, JOB-Pertamina Petrochina East Java menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) kepada dua desa, yakni Desa Rahayu dan Bulurejo Kecamatan Soko Tuban. Penyaluran dana diwujudkan dengan pemberian ratusan bibit ohon dalam seremoni yang digelar Rabu (28/12/11) sore.

Pemberian bantuan ke dua desa yang masuk daerah ring I perusahaan, dimaksudkan agar warga sekitar dapat menikmati dana CSR. Selain itu, warga diharapkan dapat mengembangkan perekonomian melalui bantuan bibit 300 pohon diantaranya, Mahoni, Sawo Kecik, Bintaro, Palem Kuning, Trembesi, Ketepeng, Srikaya serta Bambu Kuning.

“Ada dua jenis bantuan bibit dari program CSR ini, yaitu bibit pohon yang berbuah dan bibit pohon yang tidak berbuah,” ungkap Budi Wiryono Act. Field Manager JOB-PPEJ.

Dengan program CSR yang digulirkan ke daerah ring I pabrik, kata Budi, selain diharapkan membawa dampak ekonomi terhadap warga setempat, juga sebagai upaya mendukung program pemerintah untu menghijaukan kembali tanah Indonesia serta meminimalisir cuaca panas berkepanjangan akibat dampak globalisasi dunia saat ini.

Pemberian bantuan secara simbolis langsung diberikan Budi melalui perwakilan Komite Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), dengan bibit unggulan yakni Srikaya dan Sawo. Pemilihan dua jenis bibit tersebut telah disiapkan oleh perusahaan dengan dasar kecocokan tanah.

“Sebelum kita menentukan bibit ini, kita telah dulu melakukan uji sampel tanah yang cocok untuk ditanam di daerah sini,” tambah Budi usai acara penyerahan bantuan.

Budi juga mengungkapkan, dana CSR yang disalurkan perusahaan untuk program penghijauan mencapai total Rp. 600 Juta. Dengan jumlah pohon berkisar 1785 pohon, dan diberikan ke berbagai desa di daerah ring I perusahaan, meliputi dua kabupaten, Tuban dan Bojonegoro. Sedangkan program CSR dalam bentuk lain juga digulirkan mencakup program infrakstruktur, pendidikan dan kesehatan. (jbc11/jbc2)

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Sangat bgus sekali program CSR yg langsung di berikan perusahaan kpada desa2 skitar(RING SATU) akan tetapi alangkah baiknya jika sblum panitia(Komitee) Desa dbentuk di berikan training terlbih dhulu agar dana CSR trsebut bs tpat sasaran dan bs drasakan masyarakat ssuai dg tjuan CSR itu sendiri, krena yg sy lhat program CSR khususnya di bidang infrastructure itu hanya dnikmati oleh pemborong2 proyek sja yg mncari keuntungan, krn kbnyakan yg jd pemborong adlah dr phak perangkat desa yg menjadi panita(commitee) dri CSR itu sendiri. otomatis ktika pelapOran LPJ CSR setiap thunya akan banyak terjadi pemanipulasian data,, mksh. by: yakun slah satu warga Sarirejo Ds.Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site