Perempuan Minang dalam Sorotan

foto : Ilustrasi/Istimewa

PADANG PANJANG (jurnalberita.com) – Minangkabau, merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki banyak kisah dan sangat dikenal di Nusantara. Bukan hanya terkenal dengan para perantaunya yang berada dimana-mana, namun dikenal pula dengan banyaknya keunikan, begitu pula perempuannya.

Perempuan Minang, memiliki kapasitas tersendiri di dalam suku yang memiliki adat yang cukup ketat. Beragam kisah yang ada dalam wilayah kesukuan Minangkabau, terbentang luas dalam berbagai cerita rakyat. Bahkan, dalam cerita-cerita rakyat itu, dalam istilah Minang disebut Kaba, digambarkan bila perempuan Minang sebagai penyelamat masyarakat, anak, dan keturunannya. Sedangkan mamak  atau kaum lelakinya, kadang malah tidak muncul dalam Kaba.

Contohnya dalam Kaba terkenal Cindua Mato, Bundo Kandung sebutan mulia bagi perempuan Minang, digambarkan sebagai orang yang sangat berkuasa. Tidak saja karena sistem keturunan yang mengambil garis keturunan dari ibu (matrilineal), tapi juga berkuasa dalam sistem pemerintahan. Posisi Bundo Kanduang begitu berkuasa dan sangat sentral.

“Dalam banyak aspek, perempuan Minang memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangannya, baik secara adat, sosial budaya, bidang ekonomi, bahkan politik,” demikian disampaikan Raflis Dt. Mangkuto Nan Itam, salah seorang pemangku adat atau penghulu dari Suku Sikumbang.

Menurutnya, dari fakta adat, Bundo Kanduang memiliki posisi dan peranan dalam struktur politik masyarakat Minangkabau. Peranan serta partisipasinya dalam struktur masyarakat, sangatlah vital.

Ia juga menjelaskan, peranan politik Bundo Kanduang itu bersifat integral dalam setiap pengambilan keputusan dan kebijakan adat.  “Jadi, disinilah letaknya kenapa Bundo Kanduang tidak dapat dipisahkan sama sekali dari fungsi dan struktur politik Minangkabau. Dan dari situ pulalah kenapa perempuan Minangkabau dapat saja mengambil alih posisi kaum laki-laki di bidang kekuasaan,” tegasnya.

Kini, di zaman yang semakin maju, Bundo Kanduang yang selama ini berada di dalam rumah-rumahnya untuk mendidik dan membesarkan anak, telah menunjukkan jatidiri yang sebenarnya sebagai seorang yang mampu berkuasa.

Tak terhitung saat ini, dalam konstelasi politik nasional dan daerah, Bundo Kanduang sanggup mengambil alih beragam jenis profesi, yang sebelumnya hanya dikuasai kaum laki-laki. (kpp/nov/bersambung)

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site