Pilih Bungkam Ditanya Standar dan Lokasi Pengangkutan

Peristiwa kebakaran kapal pengangkut BBM yang terjadi Kamis (1/12/11) lalu. (foto : jbc11)

LAMONGAN (jurnalberita.com) – Terbakarnya kapal kayu pengangkut BBM serta menyebabkan tiga orang mengalami luka bakar serius, mendapat perhatian beberapa pihak, termasuk Pertamina.

“Kami hanya mengecek lokasi kebakaraan. Kami tidak bertangggung jawab masalah transportasi. Sebaiknya tunggu dan konfirmasi saja pada PT Patra Niaga, sebagai rekanan Pertamina yang bertanggung jawab masalah transportasi,” ujar Gunawan, salah satu pejabat Pertamina yang ditemui di Kantor Pelabuhan Brondong, Jumat (2/12/11) kemarin.

Ia mengatakan, kewenangan pengawasan mengenai kelayakan dan keamanan (safety) dalam pendistribusian BBM berada di BP Migas, Syahbandar dan Polair, termasuk masalah diperbolehkannya pengiriman BBM melalui drum yang kemudian dikirim ke Bawean menggunakan kapal motor dari kayu.

Ditempat yang sama, Arifin selaku Direktur PT Patra Niaga ditemui jurnalberita.com juga mengatakan hal senada. “PT Patra Niaga merupakan anak perusahaan Pertamina yang membidangi pengangkutan BBM. Dalam pengangkutan ke pulau Bawean, diperbolehkan memakai drum lalu dimuat dengan kapal motor dari kayu,” ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan, kapal motor kayu yang terbakar Kamis mlam lalu, tengah mengangkut 26 ton BBM dengan tujuan Bawean. Namun, Arifin menolak berkomentar lebih jauh saat ditanya perihal keamanan pengiriman BBM dengan kapal motor kayu bila dibandingkan pengiriman menggunakan kapal khusus pengangkut BBM.

Bahkan, ia diam seribu bahasa saat dimintai komentar mengenai lokasi pengiriman BBM, yang lebih memilih melalui Pelabuhan Sedayulawas. Padahal, bila ditinjau dari lokasi pengiriman, Pelabuhan Gresik lebih memiliki fasilitas yang memadai ketimbang pelabuhan Sedayulawas, Brondong. Jarak tempuh antara Pelabuhan Sedayulawas dengan Bawean, dengan Pelabuhan Gresik dengan Bawean, juga tidak terlalu jauh berbeda. (jbc3/jbc2)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site