Segera Urus Akte Sebelum Ganti Tahun

\"\"

GRESIK (jurnalberita.com) – Akibat adanya pemberlakuan keputusan pengadilan sebagai salah satu syarat pengurusan akte kelahiran pasca tahun 2011, membuat Dinas kependudukan, Catatan Sipil dan Sosial Kabupaten Gresik terus berupaya dan meminta agar masyarakat segera mengurusnya.

“Yang penting data dan persyaratannya masuk dulu. Seandainya akte tersebut selesai setelah tahun 2012, kami tetap tidak mensyaratkan surat pengadilan.Kami siap lembur untuk dapat melayani masyarakat,” ujar Hermanto Sianturi, dalam rapat koordinasi (Rakor) pelaksanaan tentang pelayanan pencatatan kelahiran di Ruang Rapat Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Sosial Gresik, Kamis (8/12/11) kemarin.

Rakor yang dipimpin Asisten III, Mighfar Syukur dihadiri sekitar 20 orang undangan, diantaranya Ketua Komisi A DPRD Gresik, Djumanto SE, Kepala Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Sosial, Hakim Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama Gresik, perwakilan Kementerian Agama Gresik, Camat Gresik, PKK, dan beberapapejabat Pemkab Gresik.

Sementara itu, Pengadilan Negeri Gresik menyatakan tetap memberlakukan sesuai aturan yang berlaku terkait pengurusan akte kelahiran, perihal surat keputusan pengadilan yang diterbitkan sebagai salah satu syaratnya.

Pihak PN menyatakan, penerbitan surat tetap sesuai mekanisme proses pengadilan pada umumnya, yaitu melakukan pendaftaran di PN, lalu diperiksa Panitera, panggilan penentuan sidang, sidang yang dihadiri oleh yang berkepentingan, lalu membayar sesuai ketentuan.

Terkait proses persidangan itu, Ketua Komisi A Djumanto sempat menyampaikan kekhawatiran. Menurutnya, selama ini masyarakat masih trauma dan takut dengan proses pengadilan. “Jangankan masyarakat awam, saya aja masih takut,” ujarnya.

Namun melihat animo masyarakat yang begitu antusias untuk mengurus Akte kelahiran, Djumanto berharap dan mengusulkan agar ada kebijakan khusus, misalnya dengan pelaksanaan persidangan dan administrasi lainnya dilakukan di Kantor Dispenduk Capil.

Sementara Kabag Humas pemkab Gresik, Andhy Hendro Wijaya, dalam kesempatan yang sama meminta kepada seluruh Camat yang hadir, agar mensosialisasikan hal ini terus menerus kepada masyarakat agar mereka segera mengurus akte.

“Cukupi persyaratannya dan datang ke Kantor Dispenduk agar segera diproses. Mumpung masih ada waktu,” tandasnya. (jbc6/jbc2/sdm)

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*