Aliansi Pemuda Indonesia Segera Hadir di Serambi Mekah

PADANG PANJANG (jurnalberita.com) – Menyikapi berbagai persoalan generasi muda dibutuhkan keseriusan berbagai pihak. Selain peran lembaga atau organisasi kepemudaan yang telah ada, juga bisa dilaukan dari berbagai perkumpulan serta wadah pemuda di daerah. Setidaknya, itulah yang direfleksikan dari rencana pendirian Aliansi Pemuda Indonesia Kota Padang Panjang.

“Saat ini, kita butuh sebuah wadah yang benar-benar memperhatikan generasi muda. Kalau selama ini semua wadah yang menampung seluruh keinginan pemuda belum mampu, maka aliansi ini adalah satu jawabannya,” ujar Weki Harianto, Ketua Gerakan Muda Pembaruan Indonesia (GMPI) Kota Padang Panjang, Minggu (22/1/12).

Menurut politikus muda dari Partai Persatuan Pembangunan ini, Aliansi Pemuda Indonesia (API) akan segera dilaunching. Ia yakin, keberadaan API akan menjadi wadah yang menjadi tempat berkumpulnya seluruh generasi muda di Kota Padang Panjang.

“API bukan hanya diperuntukkan bagi organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) yang ada. Namun lebih jauh lagi sebagai tempat berkumpulnya seluruh elemen pemuda, baik itu OKP, Karang Taruna, Pramuka dan praktisi pemuda daerah. Jadi bukan sebagai lembaga tandingan dari organisasi apapun,” tegasnya.

Sepertiga jumlah warga kota yang masih berusia muda dan cukup produktif dan dinamis menjadi salah satu alasan dibentuknya API. Saat ditanya terkait dukungan OKP dan tokoh kepemudaan daerah, Weki mengatakan saat ini sudah lebih dari 10 OKP dan puluhan tokoh pemuda yang setuju dengan gagasan dibentuknya API.

API, menurutnya, akan bergerak di bidang pemberdayaan ekonomi pemuda, pembinaan karakter, serta membangun jiwa patriotisme generasi muda. “Tidak ada niat lain, kecuali akan memberikan ruang serta peluang pengembangan ekonomi kepemudaan, baik secara personal, maupun kelompok atau lembaga. Selain itu, kita juga akan lakukan pemberdayaan pemuda di berbagai bidang yang sekiranya dibutuhkan dikemudian hari,” jelasnya.

Sementara itu, Fauzi, salah satu tokoh pemuda yang selama ini bergerak di bidang konstruksi, membenarkan, dirinya juga mendukung pendirian API. Menurutnya, sangat perlu adanya lembaga atau wadah yang bersifat lebih khusus untuk menjawab berbagai persoalan kepemudaan saat ini, terutama persoalan di bidang ekonomi..

“Sebagai bagian dari pemuda, saya sangat mendukung gagasan dari tokoh-tokoh pemuda terkait rencana pendirian API. Bahkan, secara pribadi saya akan ikut langsung untuk urun rembuk dengan kawan-kawan lain. Tentunya semakin banyak tokoh yang ada di dalamnya, akan semakin terasa manfaatnya bagi generasi muda secara umum,” kata Fauzi. (jbc17/jbc2)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*