Bupati Tak Puas Data Kemiskinan Dari BPS

\"\"

PACITAN (jurnalberita.com) – Seiring momentum pergantian tahun, kebersamaan antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan dengan para jurnalis diharapkan terus terjalin akrab. Pernyataan tersebut disampaikan Haryo Junanto, Kabag Humas Dan Protokol, Setkab Pacitan, saat menggelar sillaturahmi dengan insan pers di Rumah Makan Srikandi Pacitan, Senin (2/1/12).

Selain melibatkan puluhan wartawan cetak dan elektronik, acara yang dikemas sebagai refleksi tahun baru itu juga dihadiri Kasubag Humas Polres Pacitan, AKP Wahyu Wibowo.

Haryo mengatakan, insan pers diharapkan terus berkreasi sesuai tugas dan etika jurnalistik. “Kami tidak alergi dengan wartawan. Silakan menulis berita sesuai fakta yang ditemukan dilapangan,” terang Haryo, menguktip pesan Bupati Indartato, kemarin.

Baginya, makna sebuah berita itu sangat tinggi relatifitasnya, mungkin buruk bagi publik, tapi sebaliknya justru sangat positif bagi pemkab. “Kami selalu beranggapan, semua berita itu berdampak positif terhadap kinerja pemerintahan. Sekalipun, berita itu dianggap buruk,” jelas mantan Kabag Hukum, Setkab Pacitan itu.

Haryo menjelaskan, pada prinsipnya sebuah pemerintahan itu ada karena rakyat. Tugas pemerintah, tak lain adalah melayani masyarakat. “Jadi dengan adanya pemberitaan, entah itu baik ataupun buruk, sejatinya akan membuka mata bagi pemkab,” tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Haryo juga sedikit menyinggung persoalan pendataan kemiskinan yang dinilai masih mengundang pertanyaan. Bupati, lanjut dia, sepertinya belum merasa puas terkait angka pendataan yang disuguhkan pihak BPS.

“Karena itu, Bupati menginginkan agar dilakukan pendataan kembali dengan melibatkan semua stakeholder di tingkat RT hingga desa dan kecamatan,” jelsanya. (jbc15/jbc2)

Tags: , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Betul Pak Bupati, jangan puas dengan data dari BPS saja, harus didata dengan pihak yang yang menjadi sasaran data jangan sampai “tembak jarak jauh”, dan kalau membahas kemiskinan paling pas “di rumahnya orang miskin”, Selamat berkarya pada tahun 2012 dst

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*