Cuaca Buruk Persulit Nelayan Penuhi Kebutuhan

Para Nelayan terpaksa menambatkan perahunya akibat ombak besar. (foto : jbc11)

TUBAN (jurnalberita.com) – Sebuah perahu milik Ngadi (40) warga Desa Kradenan Kecamatan Palang, tenggelam diterjang ombak besar, tak jauh dari desa setempat, Minggu (8/1/12) pagi kemarin.

Kejadian ini berawal ketika dia bersama anaknya hendak merapat usai berlayar. Sekitar 500 meter dari tepi pantai, ombak setingg 3 meter menghantam laju perahu hingga tenggelam. Beruntung kejadian ini tidak memakan korban, namun kerugian yang diderita Ngadi ditaksir mencapai Rp.20 juta. Semua peralatan yang ada di perahu sebagian tidak bisa diselamatkan.

Saat kejadian, rekan Ngadi sesama nelayan sempat melihat kejadian terebut dan berusaha menolongnya. Meski perahu berhasil ditarik berkat bantuan nelayan lainnya, namun peralatan mencari ikan atau melaut seperti jaring tak dapat diselamatkan. “Lebih baik menyelamatkan nyawa dari pada alat saya,” ungkapnya.

Kejadian ini membuat miris nelayan lainnya. Puluhan nelayan Kecamatan Palang lebih memilih menambatkan perahunya, karena selama tiga hari ini, ombak mencapai 3 meter. “Mulai tahun baru kemarin, ombak sudah mulai kelihatan besar,” jelas Suto, salah satu nelayan.

Diakui Suto, ombak besar yang menghantuinya sudah terjadi sejak akhir bulan Desember lalu. Namun karena faktor kebutuhan ekonomi, ia dan nelayan lainnya tetap memaksa berlayar demi mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. “Kalau tidak berlayar, terus mau makan apa?” tuturnya.

Suto dan nelayan lain berharap, pemerintah membantu mereka karena diprediksinya, cuaca buruk disertai ombak besar akan terjadi sepanjang bulan Januari. “Mungkin bisa sampai satu bulan mas,” imbuhnya.

Menurut para nelayan, ombak besar akan dirasakan dan terlihat bila sudah berada di jarak 500 meter dari tepi pantai. “Kalau sudah berjarak lebih dari 1 mill, makin kelihatan besarnya,” ujarnya.

Untuk mengisi kekosongan aktifitas dan mencari ikan di laut, para nelayan memilih memperbaiki perahunya sebagai persiapan berlayar bila kondisi cuaca sudah membaik. (jbc11/jbc2)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site