Dor..Dor..Polisi dan Kawanan Pencuri Adu Tembak

Agus, satu dari enam kawanan pencuri bermobil yang berhasil dibekuk polisi.(foto :

TUBAN (jurnalberita.com) – Aparat kepolisian Resor Tuban berhasil membekuk 1 dari 6 orang kawanan pencuri yang sering beroperasi di Kabupaten Tuban. Sempat terjadi adu kejar dan saling tembak antara kawanan pencuri bermobil dengan polisi yang berupaya melakukan penangkapan.

Seorang pelaku yang tertangkap, Agus Jartoko warga Desa Siwalan Kecamatan Sukun Kabupaten Rembang Jawa Tengah, ditembus peluru petugas pada bagian lengannya, saat terjadi adu tembakan antara kawanan pencuri yang berniat melarikan diri saat aksinya kepergok petugas.

Peristiwa yang mirip dalam  film ini terjadi saat aparat kepolisian mendapat informasi bila kawanan pencuri yang sering mengobrak-abrik wilayah hukum Polres Tuban, berniat melakukan aksinya menggunakan mobil Xenia bernopol R 8796 FB.

Kawanan pencuri berjumlah 6 orang tersebut, sudah beraksi sejak Sabtu malam lalu di wilayah Kecamatan Tambakboyo dengan sasaran peternakan ayam milik Sakijan  warga Desa Dikir Kecamatan Tambakboyo. Dalam aksinya, mereka berhasil membawa kabur 19 tabung gas elpiji ukuran 3 kg serta HP milik penjaga.

Aksi mereka dilanjutkan, Selasa dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Lagi-lagi sasaran mereka adalah peternakan dan kandang kambing di Kecamatan Tambakboyo. Kali ini kandang kambing terbuka milik Mbarno, warga Desa Klutuk Kecamatan Tambakboyo. Dari lokasi, mereka berhasil membawa kabur 5 ekor kambing.

Tiga kawanan pencuri, Andri alias Kacung, Yuli dan Sofi, diturunkan di Desa Trantang beserta lima ekor kambing hasil jarahannya. Sedangkan 3 orang pelaku lainnya berniat melakukan operasinya dan mencari lokasi untuk digarong..

Namun, mereka tak sadar bila aksi mereka sudah diketahui dan dibuntuti aparat kepolisian dari Polres Tuban, Polsek Kerek dan Tambakboyo. Saat hendak menurunkan kambing hasil curian, anggota kepolisian bergerak dan hendak melakukan penangkapan.

Mengetahui ada petugas, kawanan pencuri langsung melarikan mobilnya ke arah timur, sedangkan tiga pelaku lainnya semburat dan melarikan diri ke pemukiman warga. Tak mau kehilangan buruan, petugas pun melakukan pengejaran baik terhadap 3 pelaku yang menggunakan mobil dan 3 pelaku lainnya yang melarikan diri ke pemukiman warga.

Upaya penghadangan mobil yang ditumpangi tiga orang pelaku oleh petugas kepolisian di pertigaan Tugu Pasar Kecamatan Kerek tak membuahkan hasil. Upaya penghadangan berhasil dibaca tiga pelaku, Agus, Sukardi dan Darkup, yang berada di mobil. Mereka membelokkan mobil sebelum lokasi yang sudah dihadang aparat kepolisian.

Di Desa Jarorejo, tepatnya di depan SMAN I Kerek, mobil polisi yang melakukan pengejaran ditabrak mobil yang ditumpangi para pelaku sembari melepas tembakan ke arah mobil yang ditumpangi polisi. Saling tembak tak terhindarkan. Sesaat kemudian, petugas berpakain preman dengan mobil tiba d lokasi dan membantu petugas lainnya untuk melumpuhkan mobil dan tiga pelaku didalamnya.

Petugas yang melakukan pengejaran akhirnya berhasil menangkap Agus. Sedangkan Sukardi yang membawa senjata api dan Darkup berhasil lolos. Sukardi yang mengenakan kaos putih bercelana biru, lari ke arah timur masuk Desa Padasan sedangkan Darkup melarikan diri  ke arah barat dan diduga bersembunyi dan masuk ke Desa Donganti.

“Sempat terjadi kejar-kejaran antara petugas dengan para pelaku. Kami melumpuhkan satu diantara mereka. Sedangkan dua rekannya berhasil lolos dan masih dalam pengejaran petugas,” kata Kasat Reskrim Polres Tuban, AKP Budi Santoso.

Hingga berita ini ditulis, aparat Polres Tuban dan jajarannya, Polsek Tambakboyo, Kerek, Merakurak dan Montong, masih mengobok–obok dan menyisir sejumlah lokasi yang diduga sebagai tempat persembunyian kawanan pelaku pencurian yang berhasil lolos dari kejran petugas.

Informasi yang berhasil dikumpulkan, lokasi yang sempat menjadi sasaran kawanan pencuri ini diantaranya, kandang ayam milik tiga warga di Kecamatan Montong yakni milik Eko Hari Habibi warga Desa Bringin, Raekan warga Dusun Kebonagung Desa Jetak dan Romli, warga Dusun Ngemplak Desa Jetak.

Dari proses penangkapan yang menegangkan, polisi berhasil menyita dan mengamankan barang bukti diantaranya, 1 Unit TV, 1 karung beras, 6 buah HP, Genset, 3 buah tabung gas elpiji, 3 buah alat semprot hama, sebuah senpi mainan dan mobil yang digunakan untuk beroperasi dan mengngkut barang curian. (jbc11/jbc2)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site