Duta Wisata Bukan Hanya Milik Pemerintah

\"\"

PADANG PANJANG (jurnalberita.com) – Duta Wisata yang selama ini disandangkan di bahu Uda-Uni Padang Panjang, bukan hanya milik Dinas Pariwisata. Banyak keterampilan dan keahlian mereka yang bisa dimanfaatkan pemerintah dan masyarakat.

Hal itu dikatakan Alfarisdon, S.Kom, Ketua Ikatan Uda-Uni Padang Panjang kepada  jurnalberita.com melalui telepon selulernya, Minggu (8/1/12).

Uda Uni yang selama ini menjadi salah satu kebanggaan setiap daerah di Sumatera Barat, merupakan tempat berkumpulnya tokoh muda enerjik di bidang promosi daerah. Keberadaan Uda-Uni, secara tidak langsung, membuat pemerintah maupun masyarakat, memiliki perwakilan untuk mengembangkan beragam upaya promosi.

Di Padang Panjang, kota berhawa sejuk yang dijuluki Serambi Mekah, pemilihan Uda-Uni sejak tahun 2004, menjadi salah satu agenda tahunan yang selalu diminati kalangan muda. Bahkan, juga diminati tak hanya generasi muda setempat.

Datang dari berbagai keterampilan dan keahlian, baik mahasiswa dan pelajar, selalu antusias dan berduyun-duyun mendaftarkan diri mengikut audisi. Bila terpilih, mereka akan masuk masa karantina. Digodok para seniornya, pakar dan ahli pun tak ketinggalan memberikan masukan dan input positif pengembangan diri.

Namun, saat ini keberadaan Uda-Uni seakan sesaat saja. Bila tiba masa audisi, terlihatlah para Uda-Uni senior hadir beramai-ramai. Ada yang jadi panitia, instruktur atau lainnya. Selesai masa karantina, dinobatkanlah Uda-Uni terpilih dengan berbagai kriteria penilaian yang ditentukan sebelumnya. Seakan mereka akan menjadi selebritis baru.

Tapi apa yang terlihat seusai pemilihan? Tak banyak yang tahu bila Uda-Uni telah terpilih. Tak banyak pula yang memanfaatkan tenaganya untuk keperluan pemerintah dan masyarakat. Padahal, mereka adalah duta-duta wisata yang memiliki beragam keahlian.

“Kedepan, kita berharap lebih banyak lagi yang akan mengikuti audisi Uda-Uni. Kita sedang merancang sesuatu yang baru pada pemilihan Uda-Uni Padang Panjang tahun ini,” ujar tokoh muda yang akrab dipanggil Dony ini.

Lebih jauh Donny menjelaskan, sebenarnya potensi yang ada dalam Ikatan Uda Uni selama ini, sangat banyak. Diharapkannya, kedepan akan lebih banyak lagi yang dapat diperbuat oleh Uda-Uni.

“Uda-Uni kan bukan hanya milik Dinas Pariwisata. Kami adalah milik warga Padang Panjang dan Pemerintah Kota. Jadi banyak hal yang sebenarnya bisa dimanfaatkan dari kami. Kalau selama ini hanya berkutat dibawah seksi promosi pada dinas terkait. Saya kita bukan hanya untuk promosi saja guna keberadaan kami ini,” ucapnya.

Terkait kurang diminatinya audisi Uda Uni di tahun-tahun sebelumnya, Dony menyayangkan hal itu. Menurutnya, semua itu terjadi karena kurangnya kerjasama, baik kerjasama antara lembaga-lembaga kepemudaan, maupun lembaga pemerintahan terkait.

“Kita akan upayakan yang lebih maksimal di audisi tahun ini. Insya Allah segala potensi yang ada akan kami pergunakan untuk promosi kegiatan dan rekrutmen calon peserta audisi,” tutupnya. (jbc17/jbc2)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*