Pelindo Perak Bedah Unek-unek Pengguna Jasa

Kecepatan pelayanan bongkar muat petikemas menjadi salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan. (foto : Ist)

SURABAYA (jurnalberita.com) – Upaya memperbaiki aspek pelayanan terus menerus dilakukan PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Salah satunya seperti yang dilakukan PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak dengan mengajak duduk bersama asosiasi pada awal minggu Januari 2012 di Ruang Rapat PPSA Pelabuhan Tanjung Perak.

“Sekecil apapun, apabila terjadi permasalahan dilingkup Pelabuhan Tanjung Perak, pasti para pengguna jasa akan diundang untuk mendapatkan informasi terbaru,” kata General Manager PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak, I Putu Ariawan.

Pertemuan yang juga melibatkan Otoritas Pelabuhan Tanjung perak ini, dimanfaatkan sebagai sarana dan wadah mendengarkan keluhan pelanggan. “Kalau ada uneg-uneg, kami persilakan untuk disampaikan, nanti akan kita tampung sebagai perbaikan Pelindo III Tanjung Perak di tahun 2012 ini,” ungkap pejabat yang akrab disapa Putu ini kepada seluruh asosiasi yang hadir.

Terkait keluhan para pengguna jasa mengenai kedalaman kolam yang sudah dianggarkan di tahun 2011, Putu menjelaskan bila hal itu memang terkait dengan persyaratan dan keharusan dilakukan tender ulang pada tahun 2012, mengingat tender yang memenuhi syarat mengajukan penawaran 3 kali lipat dari biaya yang sudah dianggarkan sebesar Rp. 24 miliar.

Bila proyek sudah berjalan dan rampung, ungkap Putu, kedalaman kolam di Berlian Timur sedalam -10 LWS, Berlian Barat sampai dengan -9 LWS, Jamrud Selatan -9 LWS, Mirah sedalam -7 LWS, dan Nilam dengan kedalaman -9 LWS.

“Soal penambahan fasilitas untuk mempercepat proses bongkar muat, Pelindo III Cabang Tanjung Perak juga telah merencanakan investasi sebanyak 7 HMC (Harbour Mobile Crane), yang saat ini telah datang 1 unit dan 1 unit lagi direncanakan akan datang pada bulan Januari 2012, selanjutnya akan menyusul 5 unit lainnya akan datang sampai dengan bulan Mei 2012” ujarnya.

Mengenai tenaga pandu, jelas Putu, pihaknya telah merekrut 8 orang pandu yang saat ini sedang melakukan praktek pandu di Pelabuhan Tanjung Perak selama 3 bulan.

Kabid Lala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, Deny R Boy Mau yang hadir dalam pertemuan lebih membahas masalah pemakaian dermaga agar tidak terjadi kekosongan hingga menekan angka waiting time di pelabuhan Tanjung Perak.

“Penggunaan dermaga yang kosong untuk 1 atau 2 shift, pasti akan saya masukan untuk kapal lain yang telah siap. Dermaga tidak boleh sampai kosong. Lisan pun akan kami layani meski meeting akan dilakukan kemudian. Yang penting kegiatan bongkar muat tetap harus berlangsung dan berjalan,” tandasnya.

Tak kalah dengan GM Pelindo III cabang Tanjung Perak, Direktur Operasional PT BJTI, Prayitno memberikan jaminan kepada pengguna jasa, apabila pada proses pelayanan di Terminal Berlian penguna jasa mengalami hambatan yang seharusnya tidak terjadi, mereka dapat langsung menghubunginya, baik via telepon ataupun SMS dan akan mendapatkan respon dan diatasinya semaksimal mungkin.

Sedangkan Senior Manager Pelayanan Terminal pada Direktorat Operasi dan Teknik PT Pelindo III, Eko Harijadi Budijanto menyampaikan, upaya pihak menajemen PT Pelindo III untuk meningkatkan produktivitas akan terus diupayakan dan diwujudkan dengan mengefisiensikan birokrasi memanfaatkan PPSA serta lebih sering mengadakan shearing season untuk menampung segala keluhan pelanggan guna improvement Pelindo III.

“Apabila terdapat hambatan menyangkut pelayanan di terminal, silakan langsung hubungi Manager Terminal tersebut, jadi cukup keluhkan ke satu orang yang paling bertanggung jawab di tempat terkait,” ungkapnya diamini Putu Ariawan. (jbc2)

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site