Penipu Ratusan Juta Minta Keringanan Hukuman

\"\"

GRESIK (jurnalberita.com) – Pupung EP (37) warga  Perum Gresik Krembangan Asri (GKA), Kecamatan Kebomas, terdakwa penipuan dituntut JPU Suprayitno SH dengan  hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan.

Tuntutan terhadap Pupung tersebut dibacakan JPU dalam sidang lanjutan yang digelar di PN Gresik, Selasa (10/1/12).  Menurut JPU, terdakwa terbukti melakukan tindak pidana penipuan dengan cara memakai nama suaminya, yang merupakan anggota polisi berpangkat perwira menengah. Penipuan tersebut dilakukan dengan cara menjanjikan korban, Narwi, yang ingin memasukkan anaknya menjadi anggota polisi.

“Perbuatan pidana yang dilakukan terdakwa telah mengakibatkan korban menderita kerugian Rp.223 juta. Uang tersebut diterima terdakwa dengan dalih untuk biaya memasukkan anak korban menjadi polisi,” jelas Suprayitno.

Namun, usai uang diterima terdakwa secara bertahap, kenyataanya uang tersebut dipergunakan terdakwa untuk kepentingan pribadinya. Anak korban, M.Arifin gagal menjadi anggota polisi.

Usi mendengar tuntutan JPU, Majelis Hakim yang diketuai Fathul Mujib SH memberikan kesempatan pada terdakwa mengajukan pledoi atau pembelaan. Hal itu dipergunakan terdakwa. Dengan diucapkan secara langsung dengan lisan, terdakwa mengakui kesalahannya dan meminta agar majelis hakim meringankan hukumannya.

“Saya merasa bersalah pak. Mohon diringankan hukuman kaena saya masih memiliki anak yang masih kecil dan butuh perawatan,” ujarnya.

Sidang perkara penipuan ratusan juta ini akhirnya ditunda minggu depan dengan agenda mendengarkan putusan majelis hakim. (jbc6/jbc2)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*