Ratusan Warga Suci Demo Kejaksaan

GRESIK (jurnalberita.com) - Karena dianggap mengulur-ulur waktu dalam menetapkan mantan Kepala Desa Suci, M Syaifuddin sebagai tersangka kasus korupsi, ratusan warga setempat nggeruduk kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik di Jalan Raya Permata Bunder Asri, Selasa (17/1/2012).

Kedatangan warga yang mengatasnamakan Forum Komunikasi Warga Suci (FKWS)  tersebut sudah untuk kesekian kalinya. Karena mereka menilai penyelidik kejari tidak serius mengusut laporan mengenai dugaan kasus korupsi tukar guling (ruislag) Tanah Kas Desa (TKD) Suci yang dilakukan oleh mantan kades.

Pendemo sedang ditenangkan Kajari Gresik, Bambang Utoyo. (foto:jbc6)

“Laporan kasus ini sudah lama kami serahkan ke pihak kejaksaan, tapi hingga kini tersangkanya belum juga ditetapkan,” ungkap korlap aksi, H Misri kepada wartawan.

Aksi warga juga dipicu informasi bahwa kemarin mantan kades Syaifuddin akan dipanggil lagi oleh pihak kejaksaan. Namun panggilan itu hanya menyebut Syaifuddin sebagai saksi, bukan sebagai tersangka.

Dalam aksinya, warga tidak hanya melakukan orasi secara bergantian di depan pintu gerbang Kantor Kejari Gresik yang dijaga ketat aparat gabungan Polsek Manyar dan Polsekta Gresik, namun juga membeber berbagai poster berisi hujatan kepada pihak Kejaksaan dan mantan Kades.

Setelah didesak warga, akhirnya Kajari Gresik, Bambang Utoyo keluar menemui warga. Mantan Kajari Maros Sulsel itu menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah main-main dalam menangani penyelidikan kasus dugaan korupsi senilai Rp 2 miliar tersebut.

“Soal belum ada penetapan tersangka dalam kasus ini, karena kami masih menunggu hasil audit BPKP. Dari hasil audit ini bisa kita ketahui timbulnya kerugian keuangan negara,” jelas Bambang.

Namun kepada warga, Kajari Gresik menjamin akan memanggil ulang mantan Kades Syaifuddin pada Selasa (24/1) pekan depan. “Dia akan kami panggil ulang Selasa depan, dan langsung akan kami tahan sebagai tersangka,” tandasnya yang disambut aplaus warga.

Setelah mendengar janji Kajari, ratusan warga yang sudah rela berpanas-panas di depan pintu gerbang kantor Kejari lantas berangsur-angsur membubarkan diri. Namun bila janji itu tak ditepati, warga mengancam akan kembali mengepung kantor institusi penuntutan itu dengan massa lebih banyak. (jbc6/jbc1)

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site