Satu Lagi HMC Pesanan Pelindo III Datang

Proses pembongkaran HMC di Terminal Jamrud Utara.

SURABAYA (jurnalberita.com) – Satu unit Harbour Mobile Crane (HMC)  yang dipesan PT Pelindo III (Persero) dari Jerman untuk  mempercepat proses bongkar muat serta meningkatkan kapasitas produksi, khususnya di Pelabuhan Tanjung Perak, tiba di Terminal Jamrud Utara, Senin (9/1/12) lalu.

Kedatangan satu unit HMC yang diangkut kapal kapal Thorco Svendborg dalam keadaan terurai ini, bakal menambah kemampuan dan kecepatan proses bongkar muat di pelabuhan Tanjung Perak, setelah pada bulan November 2011 lalu, juga didatangkan peralatan yang sama.

“Usai proses bongkar HMC selesai, akan dilakukan penyelesaian proses administrasi di Bea dan Cukai, baru kemudian dilakukan proses perakitan yang diperkirakan memakan waktu sekitar sebulan. Sebelum HMC siap dioperasikan, terlebih dulu dilakukan comisioning dan testing,” ungkap Manager Terminal Jamrud, Edwarnul Djohar.

Edwarnul Johar menambahkan, bila perakitan HMC kedua selesai, akan segera dilakukan uji coba kegiatan bongkar muat menggunakan dua unit HMC untuk melayani proses bongkar muat curah kering internasional yang rencananya akan ditempatkan di Jamrud Utara (eks. Gudang 108)  yang telah dibongkar.

Kedatangan HMC kedua ini, merupakan upaya besar-besaran program revitalisasi Pelabuhan Tanjung Perak, setelah sebelumnya gudang 106 dan 107 di Terminal Jamrud Utara sudah dirobohkan, menyusul kemudian gudang lainnya di Terminal Jamrud,  yang akan dimanfaatkan sebagai lapangan penumpukan.

PT Pelindo III (Persero) juga merencanakan pula melakukan pembongkaran gudang 103-105 sebagai space kegiatan bongkar muat. “Rencana penguatan dermaga dan pembongkaran gudang 103-105 saat ini segera akan dilakukan proses pelelangan. Ditargetkan pada pertengahan tahun 2012, pembongkaran gudang dapat direalisasikan,” kata Sumarmo, Manager Teknik PT Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak.

Dua HMC yang telah datang merupakan bagian dari rencana pengoperasian tujuh unit HMC yang masing-masing berkapasitas 150 ton, di Terminal Jamrud Pelabuhan Tanjung Perak, 4 unit HMC akan ditempatkan di Jamrud Utara untuk melayani dua kapal, 1 unit HMC di Jamrud Barat dan 2 unit HMC di Jamrud Selatan, untuk melayani satu kapal.

“Lima unit HMC berikutnya, secara berturut-turut akan datang lagi mulai bulan April 2012. Dan pada bulan Juni 2012 nanti, sudah lengkap dan siap melayani kegiatan bongkar muat kapal di terminal Jamrud,” jelas Edwarnul Djohar. (jbc2/pp3)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*


Switch to our mobile site