Sesepuh Berharap Sendang Putri Jadi Sendang Agung

\"\"

GRESIK (jurnalberita.com) – Sumber air Sendang Putri di Desa Kembangan diharapkan menjadi Sendang Agung. Harapan itu disampaikan KH Mochtar Jamil  saat menyampaikan tausiyah dihadapan masyarakat Dusun Sumber, Desa Kembangan Kecamatan Kebomas Gresik dalam Haul dan peringatan Rabu Wekasan di tepi Telaga Sumber, Masjid Agung Gresik (MAG), Rabu (18/1/12).

Selain dihadiri Wakil Bupati Gresik, Drs  Mohammad Qosim MSi, Pejabat Pemkab Gresik dan Muspika Kecamatan Kebomas, acara ini juga dihadiri sekitar 300 warga sekitar Desa Kembangan.

Menurut KH Mochtar Jamil, sesepuh yang juga ahli sejarah Gresik, sumber air ini adalah sumber air pertama yang dibangun oleh Sunan Giri pada Tahun 1479. “Tempat ini adalah tempat pertama Sunan Giri, sebelum pindah ke Kedaton Giri,” ujarnya dihadapan undangan.

Selanjutnya, pada tahun berikutnya berturut-turut, Raden Paku, nama lain Sunan Giri membangun beberapa lagi, diantaranya  Sumur Gumuling (1480), Telaga Suci di Desa Suci Manyar (1481) dan Telogo Pegat di sekitar Giri (1482).

“Telaga dan sumur yang dibangun oleh Sunan Giri ini sampai sekarang masih ada dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar ulama asli Gresik ini.

Terkait Sumber air di Dusun Sumber, Sumargo warga setempat yang juga panitia Haul ini menyatakan, sangat bersyukur bertempat tinggal di sekitar sumber air di desa Kembangan ini. Selain dimanfaatkan untuk kebutuhan air di Masjid Agung Gresik, sumber air ini juga dimanfaatkan masyarakat Desa Kembangan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Beberapa petani Kembangan juga memanfaatkan air sumber peninggalan Sunan Giri ini untuk mengairi sawahnya.

Wabup Gresik juga menyatakan rasa syukurnya karena sumber air tersebut masih dapat dimanfaatkan warga. “Kami sangat terbantu karena air bersih dari sumber air ini bisa bermanfaat. Apalagi, selama ini pelayanan PDAM belum optimal,” jelas Qosim.

Selain memimpin doa masyarakat Desa Kembangan, Qosim juga memberikan santunan kepada 40 orang anak yatim piatu yang ada di sekitar lokasi sumber air. (jbc6/jbc2/hms)

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*