“Media Itu Maha Kuasa Dalam Komunikasi Politik”

\"\"

SURABAYA (jurnalberita.com) – H. Kuswiyanto, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPRD Jatim yang dikenal santun dan kritis ini, menyambut Hari Pers Nasional 2012, membuat pernyataan yang cukup realistis dalam menilai peranan media massa dan komunikasi politik.

“Terus terang, PAN sangat bersahabat dengan kaum jurnalis, terutama dalam cakrawala politik, peranan media massa mampu menunjukkan sikap dan cakrawala yang bisa dikatakan sangat strategis,” ujar celetuk Kuswiyanto, yang dua kali duduk di Komisi E bidang Kesejahteraan Rakyat ini.

Ditandaskannya, media massa dengan awaknya yang dikenal sebagai kaum jurnalis ini, kadang lebih taktis dalam menunjukkan peran komunikasi politik. “Dengan kata lain, media kadang bisa lebih maha kuasa dibanding alat komunikasi yang lain. Oleh karena itu, PAN menyadari ketajaman pers. Dan sikap serta perilaku politisi yang berada dalam naungan FPAN ini, harus dibangun secara sinergis,” kata Sekretasris PAN Jatim.

Sinergis yang dimaksud, ujar Kuswiyanto, tidak mengurangi nilai dan peranan masing-masing serta tetap pula saling menghormati. “Kami pun menyadari, meski tak punya media, namun, seluruh kader dan politisi PAN diwajibakan komunikasi lekat dengan kaum jurnalis,” paparnya.

Hal menrik lain yang dilontarkan Kuswiyanto adalah perihal pembangunan tradisi harmoni. Keharmonisan PAN dan Pers, masih kata Kuswiyanto, sangat mahal jika diukur dengan suatu nilai. Tetapi PAN di Jatim akan terus mempola dengan baik dan sinergis.

“Agar hubungan simbiosis yang bernilai tinggi ini bisa berjalan manis, dan tentunya pada pesta-pesta besar politik, seperti Pilkada, Pileg dan Pilpres 2014 nanti, diharapkan dukungan nyata dari kalangan pers sebagaimana lazimnya selama ini,” pinta Kuswijanto, sembari memohon bantuan publikasi bila ada momentum menarik dan bagus, termasuk rencana kedatangan Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa di Jatim mendatang. (jbc5/jbc2)

Tags: , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*